Sukses

Tidur dalam Kondisi Lampu Menyala Berisiko Terkena Diabetes

Selain memicu depresi, kanker payudara, satu lagi gangguan kesehatan dihasilkan saat tidur dalam kondisi lampu menyala

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi terbaru dari Northwestern University mengungkapkan bahwa menyalakan lampu saat tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko diabetes. Studi dihasilkan lewat penelitian terhadap 20 orang dewasa dengan usia mulai dari 18 hingga 40.

Tidur di bawah cahaya terang dapat mendorong resistensi insulin Anda, faktor yang menyebabkan risiko diabetes. Ketika insulin ini tidak dapat melakukan tugasnya, tubuh akan berjuang untuk memproses gula sendiri, seperti dilansir dari aol.com, Selasa (24/7/2018).

Penelitian awal menunjukkan dalam satu malam paparan cahaya selama tidur akan berdampak pada pengukuran resistensi insulin. Jika sebelumnya, banyak penelitian yang mengaitkan antara kualitas tidur yang buruk dengan risiko depresi yang lebih tinggi, kanker payudara, dan kanker prostat, sekarang Anda bisa menambahkan diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anda tidak boleh tidur di tempat terang di malam hari

Masalah gangguan tidur ini telah mempengaruhi lebih dari 25% populasi manusia dan 50%nya adalah orang dewasa sampai orang tua. Gangguan tidur pada orang dewasa berisiko pada penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

3 dari 3 halaman

Anda tidak boleh tidur di tempat terang di malam hari

Jika Anda ingin menghindari masalah yang sama, cobalah untuk menghindari tidur di sofa atau tidur dengan lampu atau TV menyala. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.