Sukses

Ingin Mudik Lebaran Lancar dan Bahagia, Anda Harus Hindari 4 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Mudik ke kampung halaman menjadi salah satu momen yang paling dinantikan masyarakat Indonesia ketika perayaan lebaran dan Hari Raya Idul Fitri tiba. Bertemu dengan keluarga besar di kampung dan reunian dengan teman-teman lama hingga mencicipi makanan khas masa kecil adalah beberapa momen lebaran yang selalu dinantikan.

Momen langka satu kali dalam setahun ini tentunya harus dipersiapkan lebih matang supaya perjalanan mudik berjalan dengan aman, nyaman, dan bahagia. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal buruk atau kurang menyenangkan saat mudik lebaran, penting sekali Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Beli Tiket Mudik Dadakan

Ketika Anda memiliki rencana mudik lebaran, hal pertama yang harus segera Anda lakukan adalah secepatnya memesan tiket transportasi, apakah itu tiket pesawat, kereta api, maupun bus. Jika membeli tiket secara dadakan apalagi sudah masuk puasa Ramadan, setidaknya ada dua hal yang tidak menyenangkan bakal Anda alami.

Pertama, Anda bisa kehabisan tiket transportasi umum. Kalau sudah seperti ini Anda terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi. Jika, tidak memiliki kendaraan pribadi, maka Anda harus rela berkorban keluar bujet lebih banyak untuk sewa mobil dan sopir demi bisa mudik lebaran.

Kedua, Anda mungkin masih beruntung menemukan tiket yang tersedia. Namun, harga yang ditawarkan pasti akan lebih mahal. Pasalnya, sudah menjadi pemahaman umum jika harga tiket akan menjadi semakin mahal menjelang tanggal keberangkatan, apalagi sudah bulan Ramadan. Karena itu, sebaiknya kamu menghindari hal ini untuk lebih menghemat bujet.

2. Beli Tiket Mudik di Calo

Hindari pembelian tiket di calo. Ada beberapa kerugian yang bisa Anda alami jika membeli tiket di calo ini. Salah satunya, Anda bisa mendapat harga yang lebih mahal. Para calo biasanya mematok harga tiket yang lebih mahal dibanding agen-agen travel sebagai tambahan “ongkos jasa” mereka.

Selain harga tiket yang jauh lebih mahal,tiket yang dijual juga kerap kurang terjamin keasliannya. Seperti yang diketahui, peredaran tiket palsu biasanya meningkat menjelang momen mudik libur Lebaran dan kerap beredar melalui tangan para calo tersebut.

Untuk masalah tiket mudik, Anda bisa manfaatkan aplikasi Traveloka. Dengan bantuan aplikasi Traveloka, kamu dapat dengan mudah melakukan pencarian dan pemesanan tiket transportasi umum seperti pesawat, kereta api, hingga bus. Pencariannya sangat lengkap, sehingga Anda bisa memiliki pilihan transportasi umum yang lebih banyak. Berbicara tentang harga, Traveloka juga menampilkan daftar harga yang jujur sehingga Anda tak perlu khawatir ada biaya tambahan lagi kedepannya.

3. Barang Bawaan Terlalu Banyak

Untuk menghindari risiko-risiko terjadinya hal yang tak diinginkan, ada baiknya kamu membawa barang bawaan yang tak terlalu banyak. Saat menggunakan transportasi, membawa satu tas punggung dan satu tas besar rasanya sudah cukup agar Anda dapat mengawasi barang bawaan dengan baik.

Jika memang ingin membawa sesuatu dari kota ke kampung halaman, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa ekspedisi barang. Selain lebih aman, Anda juga tak akan kerepotan membawa barang yang terlalu banyak.

4. Lupa bayar tagihan listrik

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan Anda meninggalkan rumah dalam keamanan aman dan baik, termasuk tidak lupa membayar tagihan listrik. Sebab jika saldo listrik Anda minim atau bahwa sudah lewat jatuh tempo pembayaran, tentunya kerugian yang Anda dapatkan.

Dalam hal tagihan listrik, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Traveloka untuk membayar tagihan listrik saat dalam perjalanan mudik. Caranya cukup mudah, cepat, dan terjamin keamanannya. Selain dapat membayar tagihan listrik, Anda juga dapat membeli pulsa telepon atau paket data internet melalui bantuan aplikasi Traveloka ini.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk mudik lebaran yang aman, nyaman, lancer, dan bahagia. Selamat melakukan perjalanan mudik dan semoga selamat sampai di kota tujuan masing-masing.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.