Sukses

Sambut Ramadan, Yuk Percantik Mushola di Rumah, Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan tinggal menghitung hari saja. Demi menyambut datangnya bulan suci tersebut, tidak ada salahnya Anda mempercantik mushola di rumah agar semakin nyaman dan rajin dalam beribadah.

Tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran, mempercantik mushola bisa Anda lakukan dengan bujet minim sehingga tidak mengganggu pos pengeluaran keluarga Anda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik mushola Anda jelang bulan Ramadan.

Ganti Warna Dinding

Mengganti warna dinding akan segera membuat mushola Anda terlihat baru dan cantik seketika. Anda bisa memilih warna favorit Anda untuk dinding mushola. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih warna-warna coekelat seperti krem, cokelat susu atau merah bata. Warna-warna cokelat merupakan karakter warna tropis yang bisa diterjemahkan sebagai warna alami. Warna-warna ini juga bisa menghadirkan kesan nyaman, sejuk dan damai.

Selain warna-warna cokelat, Anda bisa memilih varian warna hijau yang sering diidentikkan dengan warna islami. Untuk diperhatikan, sebaiknya tidak memilih warna hijau yang terlalu muda karena bisa menimbulkan efek silau dan warna hijau tua karena bisa menimbulkan kesan kumuh.

Tambah Ornamen Islami

Cara paling murah untuk mempercantik mushola adalah dengan menambah ornamen-ornamen bertema islami seperti hiasan kaligrafi, karpet, gambar ka’bah, atau tatakan Al-Quran. Anda juga bisa menambahkan rak kecil untuk memajang Al-Quran dan buku-buku bertema islami. Dijamin hati pun akan semakin bersemangat untuk beribadah di bulan Ramadan.

 

2 dari 3 halaman

Atur Pencahayaan

Upaya untuk mempercantik mushola juga bisa dilakukan dengan mengatur pencahayaan di ruangan mushola. Anda bisa menggunakan lampu tempel atau lampu gantung untuk memberi kesan redup dan teduh. Namun jika Anda menyukai ruangan yang terang benderang, Anda bisa menggunakan lampu di plafon. Untuk pencahayaan pada siang hari, sebaiknya memanfaatkan cahaya alami yaitu sinar matahari dengan menyiapkan bukaan lebar pada mushola.

 

3 dari 3 halaman

Jaga Kebersihan

Agar mushola semakin cantik, tambahkan aplikasi dinding gypsum sebagai aksesoris dinding sekaligus sebagai penunjuk arah kiblat.

Jangan lupa untuk sering-sering membersikan mushola Anda. minimal satu minggu sekali, bersihkan karpet, hiasan dinding, dan rak buku di mushola Anda. Mushola yang cantik dan nyaman akan menambah kekhusyukan beribadah.

Ana Fauziyah

Artikel Selanjutnya
Lesti Kejora Sedih Karena Tak Bisa Puasa Di Kampung Halaman
Artikel Selanjutnya
Kata Lula Kamal, Kurangi Gorengan dan Makanan Bermecin Saat Sahur