Sukses

Tradisi Cincin Kawin dan Tiara di Nikahan Meghan Markle-Pangeran Harry

Kerajaan Inggris punya tradisi perhiasan tiara dan cincin kawin saat pernikahan, termasuk Meghan Markle dan Pangeran Harry, apakah mereka menuruti?

Liputan6.com, Jakarta Meghan Markle dan Pangeran Harry tengah menjadi sorotan dunia mengenai perkembangan acara royal wedding kerajaan Inggris. Salah satunya tentang tradisi menggunakan perhiasan yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Apakah mereka mengikuti atau melanggarnya?

Kembali di tahun 1920-an, saat The Queen Mother menikah ditetapkan bahwa para pengantin di Royal Family diharuskan memakai perhiasaan yang terbuat dari emas. Tak hanya itu, desainer perhiasan pun juga harus berasal dari Inggris. Welsh gold ini juga dikatakan jadi emas terbaik dibandingkan Australia dan Afrika Selatan.

Tradisi ini pun diteruskan oleh Ratu Elizabeth II di tahun 1947, Putri Margaret, Putri Anne, pernikahan Putri Diana di tahun 1981, dan Kate Middleton yang menggunakan cincin emas Welsh di pernikahannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggunaan Tiara

Tak hanya cincin, etika kerajaan Inggris kuno mengharuskan setiap perempuan tidak menggunakan tiara sampai menikah nanti. Hal ini sebagai bentuk persembahan kecantikan diri, tak hanya sebagai hiasan. Tiara ini sebagai penanda perpindahan statusnya yang telah menjadi seorang istri.

Akankah Meghan Markle mengikuti tradisi Royal Family © AFPAkankah Meghan Markle mengikuti tradisi Royal Family © AFPFlashback di pernikahan Putri Diana tahun 1981 dimana Putri Diana mengenakan tiara. Tiara tersebut merupakan pemberian Ratu Elizabeth II sebagai hadiah pernikahannya. Cambridge Lover's Knot Tiara tersebut juga terlihat dikenakan Kate Middleton setelah menikah dengan Pangeran William. Sedangkan Kate Middleton mengenakan Cartier Halo Tiara di hari pernikahannya dengan Pangeran William.

3 dari 3 halaman

Tradisi Pengantin Pria

Sedikit membahas pengantin pria yang punya tradisi sedikit berbeda, dimana ada kebiasaan bahwa pengantin pria tidak memakai cincin kawin. Pangeran Phillip dan Pangeran William pernah mengikuti aturan ini.

Sementara itu Pangeran Charles sempat mengenakannya di jari kelingkingnya setelah menikah dengan Putri Diana. Namun di tahun 2005 Pangeran Charles melepas cincin tersebut tepat sebelum pernikahan keduanya dengan Camilla Parker Bowles.

Lantas, akankah Pangeran Harry dan Meghan Markle mengikuti tradisi Royal Family? Meghan Markle belum diketahui apakah nantinya ia akan mengikuti tradisi tersebut dengan menggunakan cincin emas atau tidak. Bisa jadi mungkin tak hanya cincin, tapi juga kalung, gelang ataupun perhiasan lainnya.

Reporter: Mita Anandayu

Sumber: Kapanlagi.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.