Sukses

Ini Benda Paling Berkuman di Kamar Hotel

Kamar hotel meski terlihat bersih ternyata masih menyimpan kuman-kuman di beberapa sudutnya.

Liputan6.com, Jakarta Kamar hotel meskipun rutin dibersihkan ternyata menyimpan kuman-kuman di beberapa sudutnya. Staf hotel biasanya tidak mempunyai banyak waktu untuk membersihkan kamar, seprei dan peralatan lainnya di kamar hotel. Durasi untuk membersihkan pun sangat singkat sekitar 30 menit setiap hari. Apalagi sebuah kamar hotel dihuni secara bergantian oleh ratusan bahkan ribuan pengunjung, kita tentu tidak dapat memastikan bagaimana mereka tinggal dan menggunakan barang-barang yang ada di sana.

Meskipun kuman-kuman yang bersarang di kamar hotel kemungkinan besar tidak berbahaya, namun, penting untuk melakukan tindakan pencegahan. Usahakan untuk mencuci tangan secara teratur sesudah menyentuh benda-benda yang terindikasi mengandung kuman di kamar hotel. Berikut adalah 5 benda paling berkuman di kamar hotel, dilansir dari Huffington Post, Senin (30/4/2018).

Remote TV

Remote TV berada di daftar teratas benda paling berkuman di kamar hotel. Ratusan tangan telah menyentuh remote TV tetapi benda kecil tersebut tidak masuk dalam daftar barang yang rutin dibersihkan oleh staf hotel, bahkan mungkin tidak pernah dibersihkan.

Tim peneliti dari Universitas Houston, Universitas Purdue, dan Universitas Carolina Selatan menguji berbagai permukaan di kamar hotel di Texas, Indiana dan South Carolina. Para peneliti melaporkan pada tahun 2012 bahwa dibandingkan dengan toilet dan wastafel kamar mandi, remote TV mengandung tingkat kontaminasi bakteri yang paling tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bed Cover

Saat kita tidur, kita melepaskan minyak tubuh dan menumpahkan serpihan kulit yang bisa masuk ke seprai bersama dengan bakteri yang mungkin kita bawa. Staf hotel biasanya mengganti seprai ketika tamu check out untuk menyambut tamu baru, namun ternyata tidak semua hotel melakukan prosedur tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Gelas Minuman

Banyak hotel menyedikan gelas di kamar untuk tamu mereka. Pemakaian gelas bergantian dengan ratusan tamu lain bisa menyebabkan kuman bersarang di gelas. Sebuah investigasi oleh ABC15 dari Arizona pada tahun 2008 tentang kebiasaan pembersihan hotel menemukan bahwa 11 dari 15 hotel tidak mencuci gelas-gelas yang disediakan di kamar hotel.

 

4 dari 4 halaman

Sakelar Lampu

Tim peneliti yang juga menemukan bakteri pada remote TV juga menemukan kontaminasi bakteri yang tinggi pada sakelar lampu di banyak kamar hotel, terutama di kamar mandi. Sakelas lampu rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri karena banyak tangan yang menyentuhnya.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.