Sukses

Sukses Berbisnis di Usia Muda Telah Jadi Gaya Hidup, Apa Saja Kiatnya?

Liputan6.com, Jakarta Di zaman serba digital sekarang ini banyak peluang usaha yang bisa diciptakan, malah tak jarang buah ide usaha membawa seseorang di usia muda sekalipun menjadi milyuner. Tengok saja pendiri Facebook, Mark Zuckerber yang menjadi milyuner di usia 20 tahun.

Hal tersebut diraih tentu bukan sekadar peruntungan saja, tetapi buah dari kerja keras plus penerapan strategi yang tepat dalam membidik pasar.  Di usia muda Anda sekarang mungkin Anda telah berpikir untuk mulai membangun bisnis Anda.

Tapi ingat, Anda tak sendirian, di era digital banyak orang di luar sana yang akan melakukan hal yang sama, namun yang membedakan sejauh mana kematangan mereka membaca pasar dan keberanian mengambil risiko.

Ya, menjalankan bisnis tak ubahnya bertahan hidup di hutan belantara, banyak spekulasi, bahkan tipu muslihat untuk memenangkan persaingan. Seolah berlaku hukum rimba, siapa yang kuat dialah yang akan menang.

Meski hanya berbekal pengalaman seadanya, namun tekad dan kemampuan melihat peluang juga memanfaatkan teknologi sanggup membawa kaum muda ke kancah persaingan bisnis yang ‘ganas’.

Mereka yang sukses berbisnis di usia muda seolah menjadi tren dan gaya hidup generasi milenial sekaligus memicu mereka untuk meraih impian yang sama. Lalu, sebenarnya apa kunci sukses menjalankan bisnis di usia muda? Ini dia.

Enaknya buka usaha apa ya? Umumnya pertanyaan ini muncul di benak Anda sebelum memutuskan untuk merintis usaha sendiri. Penting bagi Anda menentukan jenis usaha dan membaca peluang bisnis saat ini yang memiliki prospek cerah.

Dengan mengetahui tujuan awal bisnis yang akan dijalankan mencegah Anda tidak gagal fokus nantinya. Anda pun akan fokus dan tetap berada di jalan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan bisnis berkaitan erat dengan pasar yang akan dituju.

Dengan mengetahui pasar yang akan dituju, Anda bisa melihat setiap celah kosong yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis.

Perluas jaringan dan terus belajar sesuatu baru

Dalam memulai bisnis buang jauh-jauh rasa gengsi, apalagi gengsi untuk belajar dari mereka yang senior dalam bidang tersebut. Membuka diri penting apalagi di usia muda, perbanyak belajar dari orang-orang sekitar yang telah sukses.

Jadilah orang yang senantiasa haus akan pengetahuan dan informasi. Dengan begitu, Anda akan terus belajar dan belajar guna mengasah kemampuan. Kemampuan membuka diri sekaligus akan memberi Anda kesempatan untuk memperluas jaringan.

Selalu berpikir positif dan tumbuh kembangkan keyakinan diri

 

Berpikir positif akan menumbuhkan keyakinan dalam diri. Keyakinan yang kuat mampu memunculkan sugesti diri bahwa Anda mampu menjalankan bisnis dan meraih kesuksesan. Yakini bahwa produk atau jasa dari bisnis yang dijalankan bisa diterima dan mendapat tempat di hati para calon pelanggan.

Tak hanya itu, membangun hubungan baik dengan para pelanggan tak kalah penting. Dengan begitu, pelanggan bisa menjelma menjadi marketer handal yang mempromosikan produk atau jasa Anda melalui mulut ke mulut (word of mouth) tanpa perlu diminta.

Pastikan menjaga kualitas produk maupun layanan

Namanya berbisnis tentu yang kita inginkan adalah keuntungan, tapi perlu digarisbawahi bahwa bisnis tak melulu soal keuntungan. Kualitas produk atau layanan yang terjaga dengan baik bisa membawa keuntungan. Tapi, mengejar keuntungan dengan mengabaikan kualitas justru berpotensi membahayakan bisnis Anda.

Kualitas produk atau layanan yang selalu terjaga akan senantiasa menumbuhkan kepuasan pelanggan. Apalagi didukung dengan kemampuan Anda untuk menghadirkan inovasi baru dalam produk atau layanan sehingga tampil beda dengan para kompetitor yang ada, dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan melebihi ekspektasi mereka.

Ingin mulai berbisnis? #MulaiAjaDulu

Memulai bisnis tak perlu menunggu modal terkumpul banyak, keburu tua dan hilang kesempatan. Berapapun modal yang dimiliki, bulatkan tekad untuk mulai merintis bisnis meski masih muda. Bila modal usaha kerap menjadi batu sandungan sekarang mengajukan pinjaman juga amat mudah, bahkan lewat genggaman sekalipun di Tokopedia.

Ya, selain memudahkan Anda menemukan asuransi sesuai kebutuhan sampai tiket kereta untuk liburan, Tokopedia juga memiliki layanan Pinjaman Online yang bekerjasama dengan partner yang menyediakan pinjaman hingga Rp 200 juta dengan bunga mulai dari 0.58% hingga 3% per bulan dengan jangka waktu mulai 1 bulan hingga 96 bulan.

Cara mengajukannya pun amat mudah, Anda cukup menentukan jumlah pinjaman dan jawab beberapa pertanyaan untuk menemukan program pinjaman yang sesuai. Anda pun bisa membandingkan berbagai program dari mitra-mitra penyedia pinjaman dan memilih program yang paling sesuai. Selesai, Anda tinggal menunggu info lebih lanjut dari mitra penyedia pinjaman.

Jadi, sudah siap berbisnis dan mendulang keuntungan? #MulaiAjaDulu bersama Tokopedia.

 

(Adv)