Sukses

5 Manfaat Kartu Kredit yang Sayang Jika Tak Anda Manfaatkan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kartu kredit bak dua sisi mata pisau, di satu sisi memudahkan urusan Anda tapi di sisi lain bisa menyebabkan Anda terjebak dalam utang jika tak benar dalam penggunaannya. Kartu kredit amat memudahkan transaksi, pasalnya kebutuhan dana akan ditalangi oleh bank dan Anda cukup membayar pada tanggal yang telah disepakati.

Meskipun begitu melakukan transaksi dengan kartu kredit memiliki banyak kelebihan dibandingkan transaksi cash, apa saja?

Memanfaatkan cicilan 0%

Fasilitas cicilan 0% banyak disediakan bank penerbit kartu kredit untuk barang-barang yang relatif mahal. Seperti laptop, smartphone, perabot rumah tangga, dan kebutuhan lainnya. Fasilitas cicilan nol persen ini dapat membantu Anda untuk mengeluarkan dana yang besar di muka.

Sebaliknya bank membantu nasabahnya untuk membeli dengan cara cicilan dalam jangka waktu 6 ,12, atau bahkan 24 bulan. Fasilitas ini sangat membantu nasabah kartu kredit untuk mengatur koceknya.

Bayar tagihan jadi lebih praktis

Anda bisa memanfaatkan fitur pembayaran di kartu kredit untuk membayar berbagai tagihan yang Anda miliki. Seperti listrik, cicilan rumah, tagihan telepon, tv kabel, cicilan kendaraan, hingga cicilan air.

Anda pun tidak perlu lagi antre di ATM setiap menjelang tanggal jatuh tempo tagihan dan tidak perlu mengingat nomor pelanggan yang berbeda-beda. Cukup mendaftarkan ke bank penerbit kartu kredit untuk membayarkan semua tagihan rutin Anda.

Bank akan membayarkan dan pada tanggal jatuh tempo tagihan Anda harus membayar semua cicilan itu secara penuh. Tanyakan kepada bank penerbit kartu kredit yang kini Anda miliki, apakah memiliki layanan pembayaran tagihan.

Apa saja pembayarannya, dan seterusnya. Jika Anda belum memiliki kartu kredit, pilihlah kartu kredit yang memiliki fasilitas pembayaran berbagai tagihan rutin ini untuk mengonsolidasikan semua tagihan.

Diskon

Tak jarang bank penerbit kartu kredit memberikan promo diskon atau potongan harga. Misal, potongan harga untuk makan di restoran atau merchant tertentu, potongan harga belanja bulanan di supermarket, potongan harga saat pre order gawai terbaru,  hingga diskon belanja fashion. Harga miring ini kadang hanya tersedia dengan pembayaran melalui kartu kredit. 

Pesan tiket pesawat online

Memesan tiket secara online dari smartphone  umumnya mensyaratkan Anda harus memiliki kartu kredit. Transaksi membeli tiket pesawat online juga begitu cepat karena agen perjalanan online akan mendebit dana dari kartu kredit Anda untuk membayar tiket perjalanan.

Pengganti uang tunai

Secara umum kartu kredit dapat Anda perlakukan sebagai pengganti uang tunai. Jika Anda sedang di luar rumah, dan tidak membawa uang tunai yang cukup untuk membayar sesuatu, kartu kredit tetap bisa membantu Anda melakukan transaksi.

Jangan lupa untuk melunasinya secara penuh sebelum jatuh tempo dan sebisa mungkin hindari pembayaran minimum. Sebab kartu kredit yang Anda gunakan sebelumnya hanya menolong Anda sesaat karena Anda tidak memiliki dana tunai yang cukup, pembayaran minimum memang terasa ringan tapi dibalik itu hanya menumpuk beban tagihan Anda di bulan berikutnya.

Bagaimana banyak keuntungan juga kan bertransaksi dengan kartu kredit? Bila Anda berpikir memiliki kartu kredit sekarang tak perlu repot lagi datang ke bank atau menunggu ditawarkan petugas bank di mal, sekarang Anda bisa mengajukan kartu kredit secara online di Tokopedia.

Ada 14 bank penerbit kartu kredit yang bisa Anda ajukan, diantaranya Kartu Kredit BNI dan Kartu Kredit BRI.  Untuk bank BNI kartu kredit yang bisa Anda ajukan diantaranya, Visa Platinum, Garuda Visa Platinum, Style Platinum, JCB Platinum, dan Lotte Mart Platinum. Sedangkan kartu kredit Bank BRI yang bisa diajukan diantaranya, Mastercard Platinum, BRI Easy Card, dan Touch.

Dengan Kartu Kredit BNI dan Kartu Kredit BRI Anda bisa menikmati promo terbaik tiap transaksi belanja, dining, tour & travel, online shop, cicilan, belanja di online shop, dan lifestyle.

Sudah siap belanja dengan kartu kreditmu? #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.  

 

(Adv) 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Kegiatan Seru Supaya Tak Bosan di Kala Hujan
Artikel Selanjutnya
Catat... Tiga Pilihan Kado Tepat untuk Bayi Baru Lahir