Sukses

8 Produk Produk Pembersih Rumah yang Bisa Dibuat Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Membersihkan rumah kerap kali menjadi pekerjaan yang cukup melelahkan. Tanpa Anda sadari, produk yang Anda gunakan untuk membersihkan rumah tergolong mahal.

Menurut Jolie Kerr dari Deadspin's Ask a Clean Person, Anda sebenarnya bisa membuat sendiri produk yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah beserta peralatannya. Seperti dilansir dari Livestrong pada Selasa (6/2/2018), ada 8 produk pembersih yang bisa Anda buat sendiri untuk membersihkan rumah.

1. Pembersih kaca

Tanpa sabun pembersih kaca, Anda bisa membersihkan kaca dengan cuka. Caranya, Anda cukup mencampurkan dua cangkir air putih dengan dua sendok makan cuka. Anda juga bisa menambahkan 10-15 tetes minyak esensial untuk menghilangkan bau cuka yang asam. Kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan pada kaca yang ingin Anda bersihkan. Lap dengan koran bekas atau kain mikrofiber.

2. Semprotan linen

Ini adalah jenis wewangian untuk perabotan yang khusus berbahan linen. Biasanya disemprotkan ke tempat tidur, bantal, atau sofa. Jolie Kerr menyarankan Anda untuk membuat parfum linen sendiri dari tiga ons vodka yang dicampur dengan satu hingga dua cangkir air di dalam botol. Kemudian tambahkan tiga sampai lima kulit jeruk atau cukup teteskan 10 tetes minyak esensial. Diamkan selama seminggu sebelum digunakan sehingga aroma segar dari kulit jeruk atau minyak esensial yang dicampurkan benar-benar keluar. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 3 halaman

8 produk pembersih rumah yang bisa dibuat sendiri

3. Pembersih bak mandi

Lemon menjadi pewangi alami dan bahan yang klasik dalam larutan pembersih. Disarankan untuk menggunakan jeruk bali karena memiliki serat yang cocok untuk membersihkan bak mandi dan meninggalkan aroma segar yang tahan lama. Taburi bak mandi dengan garam, kemudian gosok bak mandi hingga kotorannya keluar.

4. Pembersih oven

Anda bisa menggunakan baking soda sebagai pembersih alami untuk membersihkan oven dari bekas pemanggangan. Caranya campur satu sendok makan dengan tiga sendok makan air. Kemudian gosok perlahan pada bagian oven yang kotor.

5. Sabun pel

Sabun pel yang dijual kebanyakan memiliki kandungan yang berbahaya bagi penderita alergi. Dari segi bau dan tekstur dari sabun pel menjadi racun bagi penderita alergi. Anda bisa menggunakan lemon murni dengan cara mencampur 10 tetes lemon murni, dua sendok makan jus lemon, dan beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian gunakan kaos yang sudah tidak terpakai sebagai lap.

2 dari 3 halaman

8 produk pembersih rumah yang bisa dibuat sendiri

6. Tisu pembersih

Seberapa sering Anda menggunakan tisu untuk membersihkan sesuatu? Selain boros, membersihkan sesuatu dengan tisu belum tentu menjadi bersih. Kini Anda bisa membuat tisu pembersih sendiri, yakni dengan membuat tisu daur ulang dari kain lap tipis. Anda harus menrendam beberapa kain lap tipis di stoples penuh air yang bercampur dengan cuka putih. Perbandingannya 2:1. Anda bisa menambahkan tea tree oil dan minyak esensial lemon atau lavender.

7. Pembersih sela-sela ubin

Terkadang Anda menemukan sela-sela ubin Anda menjadi menghitam. Anda bisa menggosoknya dengan sikat gigi namun ini akan menjadi pekerjaan yang melelahkan. Anda bisa melakukan pembersian dengan lebih mudah. Caraya celupkan spons basah ke dalam baking soda, kemudian gosok ke atas ubin.

8. Lembar pengering

Lembar pengering mengandung bahan kimia berbahaya seperti kapur bar dan etil asetat yang memicu kanker. Anda bisa membuat lembar pengering sendiri. Caranya, potong kaos tidak terpakai, kemudian potong sesuai keinginan. Kemudian campur setengah gelas cuka putih dengan enam hingga delapan tetes minyak tea tree atau minyak biji anggur untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bau busuk. Anda bisa menambahkan beberapa minyak esensial untuk mendapatkan aroma yang Anda inginkan.

Artikel Selanjutnya
Saatnya Pakai Produk Kecantikan Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
Waspada, Ini 9 Bagian di Dapur yang Jadi Sarang Bakteri Berbahaya