Sukses

Tips Memilih Durian yang Matang dan Manis, Tanpa Tertipu Penjual

Liputan6.com, Jakarta Durian adalah buah tropis yang sangat dicintai sebagian orang tapi juga dihindari oleh beberapa orang. Bagi Anda pencinta durian, mencium aromanya saja sudah pasti ingin langsung melahapnya.

Aromanya yang tajam membuat buah yang satu ini sangat khas dan terkenal hingga ke seluruh dunia. Aroma pada durian bisa menjadi petunjuk apakah daging durian manis, enak dan matang. Tak hanya itu, ada beberapa cara untuk memilih buah durian yang tepat.

1. Hindari Memilih Berdasarkan Warna

Apakah Anda termasuk orang yang membeli durian berdasarkan warna? Tinggalkan kebiasaan ini, karena warna tidak selamanya menentukan kematangan dan rasa. Warna durian memang berbeda-beda, seperti hijau, kuning dan coklat. Kulitnya yang berwarna hijau tak selamanya belum matang, karena bisa jadi itu memang warna khasnya dari jenis durian tersebut.

2. Pilih yang Berbentuk Bulat

Pilihlah durian yang berbentuk bulat. Umumnya, durian yang berbentuk bulat memiliki daging yang berwarna kuning dan lebih matang dibandingkan yang berbentuk lonjong. Durian dengan bentuk lonjong memiliki lebih daging lebih sedikit.

3. Periksa Tangkainya

Siapa sangka kalau tangkai juga bisa menjadi petunjuk durian sudah matang, atau tidak. Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa daging buah tersebut tebal dan banyak. Hal sebaliknya jika tangkainya ramping dan panjang bisa pertanda daging tersebut sedikit dan tidak terlalu tebal.

1 dari 3 halaman

4. Aroma Durian

Kulitnya tipis, dagingnya tebal. Warna merah kekuningan pada daging durian cani sungguh menggugah selera. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Aroma durian bisa menjadi trik memilih durian yang enak. Aroma yang harum biasanya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang saat memilih durian. Anda cukup angkat durian, lalu dekatkan ke hidung Anda, maka aroma harum bisa tercium tanpa harus menyayatnya.

5. Bentuk Durinya

Pilih durian yang enak dan matang juga bisa dari bentuk durinya. Pilih durian dengan bentuk duri pendek dan jarang, karena dipercaya lebih manis dibandingkan duri panjang dan berdempet atau terlalu banyak. Duri tersebut bisa menjadi tanda buah daging yang sedikit.

6. Beratnya Ringan

Jika Anda membeli buah durian dengan berat yang ringan maka bisa pertanda kalau buah durian tersebut matang dan berlimpah. Semakin berat durian tersebut maka bijinya yang besar, bukan dagingnya. Semakin besar bijinya, maka dagingnya semakin tipis.

2 dari 3 halaman

7. Ketuk-Ketuk Durian

Durian lokal Banyumas banyak dijajakan di pinggir jalan dengan harga cukup miring. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Cara ini juga sering dilakukan oleh para penjual durian jika ingin memilihkan untuk pembelinya dengan cara mengetuk-ketuk. Jika takut dengan durinya, maka Anda bisa minta penjual untuk mengetuknya, lalu cermati bunyi yang timbul. Jika durian sudah matang, maka bunyinya akan terasa sedikit berat dan terendam seperti "bluk-bluk". Jika suaranya serasa seperti rongga, maka bisa menjadi tanda bahwa durian sudah tak lagi segar.

8. Cek Bagian Atasnya

Lihat bagian tangkai atas durian. Jika tangkai tidak bergetak atau sudah kering maka durian sudah lama diambil dari pohon. Sebaiknya carilah durian yang masih bergetah dibagian atasnya yang pertanda baru diambil dari pohon.

Jika Anda ingin lebih praktis, maka durian kupas bisa jadi solusinya. Durian kupas dari Si Togo hadir dengan 1 boks seberat 900 gram hanya Rp 60 ribuan di Lakupon. 1 kotak durian kupas segar ini bisa Anda dapatkan dengan voucher Lakupon DISINI.

Artikel Selanjutnya
Menu Sahur Sehat Banana Nut Oatmeal
Artikel Selanjutnya
Resep Menu Buka Puasa: Es Cincau Hitam, Segarnya Begitu Menggoda