Sukses

Tak Hanya Lezat, Jamur Juga Punya Manfaat Lawan Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta Jamur merupakan makanan yang banyak digunakan sebagai bahan makanan yang lezat. Mulai dari sup jamur, campuran pasta, hingga dikonsumsi secara langsung. Namun, tahukah Anda, ternyata jamur juga memiliki manfaat dalam hal kecantikan?

Dilansir dari laman hellomagazine.com,  Jumat (29/12/2017), jamur merupakan jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu melawan penuaan dini, yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, stres, hingga radikal bebas. Akademisi di Penn State menemukan, jamur yang biasa dikonsumsi sehari-hari mengandung ergothioneine dan glutathionedalam jumlah tertinggi, di mana kedua hal tersebut merupakan antioksidan penting yang baik bagi tubuh.

 

1 dari 3 halaman

Khasiat Jamur

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Robert Beelman juga menyatakan, ketika tubuh seseorang menggunakan makanan untuk menghasilkan energi, ia juga menyebabkan stres oksidatif yang merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. Namun, dengan menambahkan antioksidan dari makanan, seperti jamur misalnya, tubuh dapat melindungi diri dari stres oksidatif.

 

2 dari 3 halaman

Ergothioneine dan Glutathione

Di antara beberapa jamur yang digunakan untuk memasak, telah diuji bahwa jamur jenis Porcini yang sangat populer di Italia ini memiliki tingkat ergothioneine dan glutathione paling tinggi dibandingkan jenis lainnya. Beelman pun menegaskan, penelitian selanjutnya yang ia lakukan menunjukkan bagaimana peran ergothioneine dan glutathione yang terdapat pada jamur dalam mengurangi kemungkinan penyakit neurodegenerative, seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Untuk merasakan manfaatnya secara langsung, mulai sekarang jangan ragu untuk memasukkan jamur sebagai menu sehari-hari. Namun, tetap ingat untuk mengontrolnya dalam jumlah yang normal, ya. Selamat mencoba!

(Risqi Rosmalawati)

Artikel Selanjutnya
Santap 5 Makanan Pencegah Rambut Rontok Ini Setiap Hari
Artikel Selanjutnya
Ukuran Boleh Kecil tapi Sayuran Mini Ini Kaya Vitamin untuk Tubuh