Sukses

Cara Aman Cuci Hijab dan Batik dengan Mesin Cuci

Liputan6.com, Jakarta Mencuci baju seperti batik dan hijab memang memerlukan perawatan khusus. Anda harus benar-benar memperhatikan sabun dan teknik mencuci agar bahan hijab dan batik tidak cepat rusak.

Teknik mencuci secara manual atau menggunakan tangan menjadi pilihan untuk mencuci kain yang menjadi bahan hijab dan batik. Anda bisa mengukur sendiri seberapa kencang dari cara mengucek dan membanting halus kain tersebut yang tentunya menghabiskan waktu dan tenaga.

Electrolux memberikan solusi praktis bagi Anda pencinta koleksi hijab dan batik dengan menghadirkan UltraEco Front Load Washer yang diluncurkan pada Kamis (14/12/2017) di Rumah Maroko, Jakarta. Electrolux telah melakukan survei ke sejumlah rumah yang menggunakan front door washer. Hasil survei menjadi sumber pengembangan dari mesin cuci Electrolux yang hanya diluncurkan di Indonesia.

"Mayoritas masyarakat Indonesia enggan menggunakan fungsi pemanas dalam mesin cuci karena beban listrik yang besar. Selanjutnya, pencucian pakaian yang memerlukan perawatan khusus seperti hijab dan batik, biasanya dicuci dengan tangan atau jika dengan mesin cuci bukaan depan menggunakan program cotton degan suhu normal," ujar Irfan Suryanto Presiden Direktur PT Electrolux Indonesia.

1 dari 3 halaman

Solusi mencuci hijab dan batik

Anda tak perlu lagi mencuci hijab dan batik dengan menggunakan tangan (Liputan6/Vinsensia Dianawanti) Anda tak perlu lagi mencuci hijab dan batik dengan menggunakan tangan (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

Mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, hijab bukan lagi memiliki fungsi dasar, melainkan sudah menjadi tren fashion. Selain itu, semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan batik sebagai simbol identitas nasional.

Kini, batik pun dijadikan pakaian sehari-hari. Dengan mempertimbangkan hal tersbut, Electrolux menghadirkan UltraEco Front Load Washer yang dirancang sebagai mesin cuci tanpa pemanas. Hal ini akan membuat penggunaan listrik menjadi lebih efisien.

Dilengkapi dengan Leaf Lifter dan Lily Drum, mesin cuci ini memiliki fitur proses pembantingan yang halus layaknya dicuci dengan menggunakan tangan. Mesin cuci ini juga memiliki fitur Add Clothes yang memungkinkan Anda untuk menambah pakaian dalam mesin cuci selama lampu Add Clothes masih menyala. Anda bisa menekan tombol pause terlebih dahulu, kemudian masukkan pakaian Anda. Anda memiliki waktu sekitar 10 menit hingga lampu Add Clothes mati.

Fitur Flexi Dose yang dimiliki mesin cuci ini memberi kebebasan pada Anda untuk menggunakan detergen bubuk atau cair. Desain XXL Door yang dimiliki mesin cuci ini juga memungkinkan Anda memasukkan dan mengeluarkan pakaian dengan lebih mudah.

2 dari 3 halaman

Hemat daya listrik

Anda tak perlu lagi mencuci hijab dan batik dengan menggunakan tangan (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

Dalam peluncurannya, dilakukan percobaan untuk mencuci hijab dan batik dengan menggunakan Electrolux Load Washer. Dibutuhkan waktu 75 menit untuk mencuci hijab dan 78 menit untuk mencuci batik.

Hasilnya, untuk hijab warna dan motif hijab tidak berubah. Pencucian hijab menghabiskan daya sebesar 240,5 watt. Adapun untuk batik, warna dan motif batik dengan bahan dobi tidak rusak. Dalam pencucian batik sendiri menghabiskan daya listrik sebesar 217,8 watt.