Sukses

Tamu Kahiyang Tampil Kompak dengan Busana Khas Tapanuli Selatan

Para tamu yang diundang pada acara adat pemberian marga untuk Kahiyang Ayu mulai memenuhi pintu masuk rumah Doli Sinomba Siregar.

Liputan6.com, Jakarta Para tamu yang diundang pada acara adat pemberian marga untuk Kahiyang Ayu mulai memenuhi pintu masuk rumah Doli Sinomba Siregar, Jalan STM Ujung kawasan Medan Johor pada Selasa, 21 November 2017.

Tampak ada yang "unik" dari gaya berpakaian para tamu laki-laki. Mereka yang kebanyakan datang dari marga Siregar mengenakan jas lengkap, tapi ada tambahan peci dan sarung yang diselempangkan di bahu.

Salah satu tamu bernama Profesor Hasratudin Siregar mengatakan bahwa gaya berpakaian seperti itu sudah mencari ciri khas warga Tapanuli Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberian Marga

"Tidak ada arti yang gimana-gimana, cuma untuk antisipasi saja kalau saat waktu salat tiba, baju mereka kotor. Dengan adanya sarung, mereka bisa salat memakai itu," kata Hasratudin kepada Liputan6.com .

Menurut dia, ini untuk memberitahu, mau pesta sebesar apa pun, salat itu adalah wajib dan tak boleh ditinggal.

"Itu gaya berpakaian orang kampung dulu. Kalau salat kurang bersih, perasaan tak enak," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.