Sukses

10 Destinasi Wisata Indonesia yang Paling Banyak Diulas pada 2017

Liputan6.com, Jakarta TripAdvisor sebagai salah satu situs perjalanan terbesar dengan jutaan ulasan, baru saja merilis 10 destinasi wisata paling populer dan paling banyak diulas di Indonesia. Faktanya, dari ribuan destinasi wisata Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, destinasi wisata Bali masih mendominasi. Yang menarik, destinasi wisata dengan kekayaan latar cerita sejarah masih menjadi pilihan para traveler, baik dari dalam maupun luar negeri.

Berikut 10 destinasi wisata di Indonesia tahun 2017 yang paling populer dan banyak diulas menurut versi TripAdvisor.

10. Pura Saraswati
Berlokasi di Jalan Raya Ubud, Gianyar, Bali, Pura Saraswati memiliki kolam taman air dan kolam teratai yang menawan. Tak hanya itu, pura ini juga terlihat sangat artistik dengan sentuhan ukiran halus di tiap sudutnya. Patung Dewi Saraswati terlihat sangat menakjubkan di salah satu sudutnya. Tiap Kamis malam bagian pelataran pura menjadi tempat pementasan Tari Kecak.

Budi, salah seorang pengulas mengatakan, pura ini dapat dijangkau hanya dalam waktu 5 menit dari pasar seni Ubud. Sambil bersantap atau minum kopi menikmati suasana pura yang teduh jadi aktivitas yang menyenangkan, apalagi gratis.

9. Monumen Ground Zero



Berada di kawasan Kuta, Monumen Ground Zero dibangun untuk mengenang tragedi bom Bali yang merenggut banyak korban jiwa. Nama-nama korban terukir di pada monumen yang kini menjadi tempat kumpul muda-mudi dan wisatawan dari berbagai negara.

Dul, salah seorang pengulas mengatakan, ”Ini tempat yang pasti selalu dikunjungi kalau datang ke Bali, karena merupakan monumen penting yang terletak pada jalan utama di Kuta. Dimana jalan tersebut sepanjang jalannya terdapat tempat hiburan semacam pub, lounge dll, ataupun tempat Anda membeli oleh oleh khas bali atau swalayan yang buka 24 jam. Suasana ramai yang bikin betah dan musik yang terdengar dari beberapa tempat yang berada di sana.”

 

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 9 halaman

8. Masjid Istiqlal

Siapa yang sangka, masjid terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di ibukota Jakarta ini masuk dalam 10 destinasi terpopuler dan paling banyak diulas versi TripAdvisor. Tak sekadar tempat ibadah, masjid yang dibangun arsitek beragama Kristen dan berdarah Batak ini juga menjadi simbol toleransi umat beragama di Indonesia.

Iyas, seorang traveler dalam ulasannya mengatakan, Masjid Istiqlal menjadi tempat ibadah yang nyaman, sehingga bisa bikin betah untuk berlama-lama atau sekadar istirahat dari penatnya Kota Jakarta. Masjid ini jadi objek wisata religi yang banyak dikunjungi. Sangat disarankan untuk ke sini.

3 dari 9 halaman

7. Candi Tirta Empul

Candi ini merupakan petirtaan atau mata air yang dianggap suci, tempat orang Hindu Bali melakukan ritual. Berlokasi di Kecataman Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, objek wisata Candi Tirta Empul menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata yang makin banyak diulas di TripsAdvisor.

Tata salah satu pengunjung mengatakan, “Tempat ini sangat indah, sejuk dan nyaman dengan suasan lokasinya. Karena pura merupakan tempat suci, wanita yang sedang berhalangan tidak bisa masuk. Tempat ini juga terawat dan punya pemandu yang ramah dan menyenangkan.”

4 dari 9 halaman

6. Tirta Gangga

Tirta Gangga menjadi destinasi di Bali yang ramai tiap akhir pekan. Suasananya yang teduh dan instagram-able, membuat tempat ini kerap menjadi pilihan banyak wisatawan untuk berfoto dan mengabadikan gambar. Berlokasi di Karangasem, wisatawan yang ingin berkunjung dikenakan biaya Rp 30 ribu. Daniel, salah seorang pengunjung dalam ulasannya mengatakan, ini merupakan tempat pemandian raja abad ke-20 yang perlu Anda kunjungi saat berada di Bali. Lokasinya yang berada di kaki bukit membuat suasana semakin sejuk. Anda juga bisa berenang di sini untuk menghilangkan rasa lelah.

5 dari 9 halaman

5. Pura Ulun Danu Bratan

Kawasan Begudul memang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di kawasan ini terdapat Pura Ulun Danu Bratan yang dibangun di sekitar Danau Bratan. Bedugul sendiri merupakan destinasi wisata pegunungan dengan ketinggian antara 1.200 sampai 1.450 meter di atas permukaan laut. Menurut catatan Kementerian Pariwisata RI, kawasan Begudul menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Bali.

6 dari 9 halaman

4. Candi Prambanan

Candi yang dibangun sekitar tahun 856 Masehi ini merupakan simbol kembalinya tampuk kekuasaan ke tangan dinasti Sanjaya. Berlokasi di Jalan Raya Jogja-Solo Km 16, Candi Prambanan telah diakui UNESCO pada 1991 sebagai salah satu warisan budaya bangsa. Selain memiliki bentuk candi yang menakjubkan, cerita sejarah di balik pembangunan candi juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

7 dari 9 halaman

3. Pura Luhur Uluwatu

Siapa yang tidak kenal dengan pura yang satu ini. Dibangun di ujung batu karang yang menjorok ke laut, pura ini memiliki keindahan pemandangan alam yang tak ada duanya di dunia, terlebih saat matahari terbenam. Yang menjadi daya tarik lainnya, adalah pertunjukan Tari Kecak yang digelar menjelang matahari terbenam.

8 dari 9 halaman

2. Pura Tanah Lot



Selain Uluwatu, Pura Tanah Lot juga menjadi destinasi wisata di Indonesia yang paling banyak diulas di TripAdvisor. Masuk dalam tiga besar destinasi wisata yang paling banyak diulas, pura ini tak hanya menyajikan keindahan bentuk pura, tapi juga menyajikan keindahan budaya Bali seutuhnya. Wisatawan kerap menghabiskan waktu di kawasan Tanah Lot menjelang matahari terbenam, karena pemandangannya sangat menawan.

Iwan Kosmari, salah satu pengulas mengatakan, “Pura Tanah Lot sunggu memesona di sore hari. Sekitar pura juga banyak dagangan suvenir. Menikmati surya di Tanah Lot sungguh mengasyikkan.”

9 dari 9 halaman

1. Candi Borobudur



Candi Borobudur menjadi destinasi wisata Indonesia yang paling banyak diulas di TripAdvisor. Tidak mengherankan, pasalnya candi ini memiliki banyak keistimewaan. Selain struktur bangunannya yang menawan, yaitu yang terbesar di dunia dengan ukuran 123x123 meter, candi Buddha ini juga memiliki cerita sejarah yang panjang yang terpahat pada dingding panelnya. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama sangat terpesona saat mengunjungi candi ini beberapa waktu lalu.