Sukses

Kisah Pilu Masjid dengan Ubin Terindah di Dunia

Masjid Agung Aleppo yang memiliki ubin terindah di dunia kini hanya tinggal reruntuhan.

Liputan6.com, Jakarta Aleppo, merupakan sebuah kota tua di Suriah yang mengalami kerusakan parah, akibat perang saudara yang tidak kunjung selesai. Berbagai warisan dunia yang ada di Aleppo sendiri, tidak ada yang luput dari serangan kedua belah pihak. Salah satunya adalah Masjid Agung Aleppo, yang kini sudah hancur karena perang.

Seperti yang dilansir dari BBC, Senin (29/5/2017), Mesjid Agung Aleppo ternyata menjadi salah satu tempat yang memiliki ubin terindah di dunia. Bahkan pola-pola geometri yang tersebar di bagian halaman masjid ini bisa bertahan berabad lamanya. Meski sudah melewati beberapa zaman, tetap saja keindahan ubin ini masih terjaga hingga saat ini.

Sayangnya, Masjid yang tertua di Aleppo ini sudah tidak lengkap lagi, karena pada bulan April 2013 menara masjid hancur terkena serangan perang. Serangan ini tidak berhenti, karena di tahun 2016, serangan kembali datang hingga membuat masjid yang dibangun tahun 715 Masehi ini hanya tinggal puing-puing.

Pemandangan puing-puing kerusakan bangunan di kompleks Masjid Umayyad di Aleppo, Suriah, 13 Desember 2016. Masjid yang dianggap sebagai tempat suci ke empat dalam Islam ini mulai digempur dalam konflik pada 2014. (REUTERS/Omar Sanadiki)

Namun ajaibnya, lantai yang ada di halaman masjid masih bertahan dengan baik. Bahkan setelah diserang berkali-kali oleh tentara, ubin yang indah bak permadani ini masih terlihat menawan.

Kerumitan arsitektur serta keindahan Mesjid Agung Aleppo ini, ternyata lahir dari campuran kebudayaan yang berbeda. Sentuhan arsitektur Ghotic, Timur Tengah, hingga Eropa semua terasa kental pada bangunan utama, hingga detail yang ada pada menara yang sudah hancur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.