Sukses

Begini Seni Mengelola Kesabaran

Liputan6.com, Jakarta Dewasa ini, kesabaran barangkali menjadi barang langka. Banyak orang sulit untuk bersabar. Padahal, banyak konflik dan pertikaian terjadi hanya karena kurang sabar. Mengingat pentingnya kesabaran dewasa ini, berikut ini adalah seni mengelola kesabaran yang dapat Anda coba.

1. Diam saat marah
Salah satu cara bersabar adalah diam jika Anda sedang merasa marah. Kemarahan hanya akan semakin menjadi dan terbakar jika Anda mengekspresikan kemarahan tersebut. Sebaliknya, jika Anda berdiam diri saat sedang emosi, maka Anda akan mudah mengatur dan mengontrol emosi Anda.

2. Jangan mudah tersinggung
Jika Anda tidak mudah tersinggung, maka Anda akan dapat menjadi lebih sabar. Belajarlah untuk meredam emosi Anda dan toleransi terhadap sikap orang lain yang menyakiti Anda. Selain itu, cobalah untuk menempatkan diri di posisi orang tersebut agar Anda mengetahui apa alasannya menyakiti Anda.

3. Bersyukur
Bersyukur juga merupakan salah satu cara untuk bersabar. Jika Anda mudah emosi, belajar untuk lebih sering lagi mengucap syukur. Dengan demikian, maka Anda kan dialiri aliran positif yang membuat Anda mampu untuk lebih bersabar.

4. Berpikir positif
Selain mengucap syukur, berpikir positif juga dapat membuat Anda untuk lebih bersabar lagi. Jika pikiran Anda positif, maka hati Anda pun akan menjadi tenang dan damai. Anda dapat mengelola emosi Anda dengan baik dalam keadaan yang positif.

5. Tersenyum
Orang yang murah senyum akan lebih positif dan hari-harinya pun akan terasa lebih ringan. Dengan demikian, orang yang murah senyum tidak mudah untuk marah dan cenderung lebih bersabar dalam menghadapi segala sesuatu dalam kehidupan.

6. Berdoa
Berdoa merupakan cara terbaik untuk mewujudkan kesabaran. Berbicara dengan Sang Pencipta membuat Anda merasa lega dan damai serta mengusir segala jenis amarah yang berkecamuk dalam hati Anda.

(Odilia Hana Santoso)

Loading