Sukses

Profesi ini Memberikan Gaji Lebih Tinggi kepada Karyawan Wanita

Liputan6.com, Jakarta Dunia kerja dengan persaingan yang ketat dan kompetitif seringkali membuat pria dan wanita harus berkompetisi lebih giat untuk berlomba-lomba mendapatkan posisi dan gaji tinggi yang sesuai dengan profesinya. Selain tingkat pendidikan, gender menjadi salah satu faktor yang dipandang sebagai penyebab adanya kesenjangan gaji. Seringkali pria dipandang lebih berambisi dalam mengejar karier dengan kemampuan yang lebih baik dalam bernegosiasi ketimbang wanita.

 

Menurut rilis yang diterima oleh Liputan6.com dari Jobplanet.com, platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan pada hari Jumat (1/4/2016), ada beberapa bidang profesi yang memberikan gaji lebih tinggi kepada karyawan wanita. Berdasarkan analisis terhadap informasi gaji dari sekitar 60.000 responden karyawan di 35 provinsi di Indonesia pada pertengahan Maret 2016, Jobplanet menemukan bahwa dari berbagai bidang pekerjaan, bidang engineering serta riset dan pengembangan (R&D) memberikan gaji rata-rata yang lebih tinggi kepada karyawan wanita. Dalam analisis ini, Jobplanet membandingkan dan menghitung gaji rata-rata yang diperoleh karyawan pria dan wanita pada level staf dan manajer berdasarkan bidang pekerjaan mereka.

Sekitar 46.000 di antaranya merupakan karyawan dari level staf dan sisanya sebanyak 14.000 responden merupakan karyawan dari level manajer. Perbandingan jumlah antara responden pria dan wanita pada masing-masing level pekerjaan (staf dan manajer) adalah sama, yakni 49% pria dan 51% wanita.

Pada level staf, bidang-bidang pekerjaan yang memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan wanita ketimbang karyawan pria adalah yang berhubungan dengan engineering, hukum, serta riset dan pengembangan (R&D).

Gaji rata-rata staf wanita yang bekerja di bidang engineering lebih tinggi 10,1% daripada gaji rata-rata staf pria di bidang yang sama. Sementara, gaji rata-rata staf wanita di bidang hukum lebih tinggi 10,2% dan gaji rata-rata staf wanita di bidang R&D lebih tinggi 10,1% daripada gaji rata-rata staf pria pada masing-masing bidang tersebut.

Pada level manajer, gaji rata-rata yang lebih tinggi diterima oleh manajer wanita yang bekerja di bidang pengembangan bisnis, engineering, keuangan dan akuntansi, serta bidang R&D. Gaji rata-rata manajer wanita yang bekerja di bidang pengembangan bisnis lebih tinggi 7,6% ketimbang gaji rata-rata manajer pria. Sementara, gaji rata-rata manajer wanita di bidang engineering lebih tinggi 13,2%, gaji rata-rata manajer wanita di bidang keuangan dan akuntansi lebih tinggi 10,0%, dan gaji rata-rata manajer wanita di bidang R&D lebih tinggi 14,1% daripada gaji rata-rata manajer pria pada setiap bidang tersebut.

“Hal ini tentu cukup mengejutkan karena berdasarkan data yang kami peroleh dan analisis, ternyata beberapa bidang pekerjaan, terutama bidang engineering yang dikenal sebagai bidang yang didominasi oleh pria, justru memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan perempuan,” ucap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Berdasarkan analisis terhadap informasi gaji para responden secara keseluruhan, Jobplanet menemukan bahwa gaji rata-rata yang diterima oleh staf wanita di Indonesia adalah sebesar Rp3.660.000 atau lebih tinggi 1,1% dibandingkan dengan gaji rata-rata staf pria yang sebesar Rp3.621.000. Sementara itu, gaji rata-rata manajer wanita di Indonesia adalah sebesar Rp7.696.000 atau lebih besar 4,6% dibandingkan gaji rata-rata manajer pria sebesar Rp7.356.000. Angka-angka tersebut diperoleh dari perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh karyawan, dan belum termasuk dengan bonus serta tunjangan mereka.

“Jika dihitung secara keseluruhan, gaji rata-rata yang diperoleh karyawan wanita juga lebih tinggi daripada gaji rata-rata yang diterima oleh karyawan pria, baik di level staf maupun di level manajer. Meski demikian, perbedaan gaji rata-rata tersebut masih berada di bawah 5%, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada kesenjangan gaji antara karyawan pria dengan wanita,” pungkas Kemas.

Hasil ini juga menunjukkan bahwa semakin banyak wanita karier di Indonesia yang sudah mulai diperhitungkan dan dipercaya untuk mengisi berbagai posisi dalam perusahaan, termasuk posisi pada bidang-bidang yang tadinya didominasi oleh pria. Selain itu, hal ini juga menunjukkan beberapa perusahaan juga sudah mulai mengakui kemampuan wanita dan memberikan penghargaan dengan gaji yang baik dan sesuai kepada mereka.