Sukses

13 Tanda Anda Sedang Dibohongi

Liputan6.com, Jakarta Hal yang paling tidak menyenangkan adalah saat Anda dibohongi. Saat seseorang sedang berbohong, ia akan mengeluarkan tanda-tanda melalui gerakan tubuhnya. Kalau kebohongan tersebut hanyalah kebohongan kecil yang tidak berpengaruh besar pada kehidupan, mungkin Anda tidak perlu terlalu marah. Tapi bagaimana jika Anda sedang dibohongi tentang sesuatu yang serius?

Jika seseorang sedang berkata-kata tidak jujur karena tidak berani untuk berkata yang sesungguhnya, mungkin Anda bisa mencoret orang tersebut dari daftar kehidupan Anda. Seperti yang dilansir dari lovepanky.com, kejujuran terkadang bisa menyakitkan, tapi kebohongan bisa menghancurkan suatu hubungan. Tiga belas hal berikut bisa jadi tanda bahwa Anda sedang dibohongi oleh teman bicara Anda.

Menghindari kontak mata
Inilah alasan para orangtua sering berkata, “Lihat mata saya!” saat sedang bertanya pada anak-anak yang dicurigai sedang berbohong. Jika Anda bertanya pada seseorang dan ia menjawab tanpa berani memandang mata Anda, kemungkinan besar ia sedang berbohong.

Terlihat gugup
Salah satu tanda rasa gugup adalah keringat yang berlebih. Ketika seseorang berbohong, detak jantung mereka akan semakin cepat yang akan membuat keringat keluar dan wajah memerah.

Tidak memberikan informasi yang jelas
Cerita yang disampaikan tidak disertai data-data jelas yang dapat dipercaya. Hal ini karena lawan bicara sedang mengarang cerita di dalam kepala mereka sambil berbicara.

Terlalu banyak detail
Di sisi lain, jika lawan bicara Anda memberikan terlalu banyak informasi yang tidak diperlukan, hal ini juga patut dicurigai. Agar kebohongan tidak terdeteksi, seseorang akan memberikan banyak detail informasi sebagai pengalih perhatian dan membuat kesan bahwa mereka berkata jujur.

 

Perhatikan tanda-tanda kebohongan pada lawan bicara Anda

Cerita berubah-ubah
Semakin banyak Anda bertanya, semakin tidak konsisten cerita yang akan disampaikan oleh lawan bicara. Beberapa jenis pembohong tidak memiliki kemampuan untuk membuat sebuah cerita terdengar dapat dipercaya. Bahkan terkadang mereka lupa akan hal-hal yang sudah disampaikan sebelumnya.

Informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan karakter
Setiap orang memiliki karakter dan ciri khas masing-masing. Jika Anda mengenal lawan bicara Anda dengan baik, maka akan lebih mudah mengetahui kapan mereka sedang berbohong. Misalkan teman Anda yang Anda ketahui yang belum memiliki pasport bercerita bahwa mereka berakhir pekan di luar negeri, sudah pasti ia sedang berbohong.

Jawaban defensif
Jika Anda merasa lawan bicara Anda argumentatif dan menjawab dengan kasar, itu juga jadi salah satu tanda Anda sedang dibohongi. Orang yang sedang berbohong butuh melindungi diri mereka sendiri.

Bahasa tubuh tidak rileks
Badan yang tidak bisa diam, melipat tangan di depan dada atau menjauh adalah pertanda kuat seseorang sedang berbohong. Bahasa tubuh adalah indikator paling kuat tentang seseorang yang sedang ingin menyelamatkan diri dengan cara berbohong.

Terlalu banyak gerakan tangan
Hati-hati jika lawan bicara Anda biasanya tidak terlalu banyak bergerak saat sedang berbicara dan tiba-tiba banyak menggerakkan bagian tubuh. Hal ini biasanya dilakukan untuk membantu mengarang cerita dan mengalihkan perhatian Anda.

Kecepatan bicara
Kecepatan bicara yang terlalu cepat atau terlalu lambat menunjukkan kegugupan yang bisa timbul karena kebohongan. Jika bicara cepat, seseorang ingin cepat-cepat menyelesaikan penjelasan yang tidak jujur, sedangkan bicara lambat adalah cara untuk mengulur waktu saat seseorang sedang mengarang cerita.

Mengulang ucapan yang sama
Informasi sama disampaikan secara berulang-ulang. Bukan hanya untuk meyakinkan Anda yang sedang dibohongi, melainkan untuk meyakinkan diri sendiri.

Ragu-ragu dalam memberikan informasi
Jika seseorang tiba-tiba gagap atau ragu-ragu bicara saat Anda memberikan sebuah pertanyaan, maka kemungkinan besar lawan bicara Anda sedang berkata bohong. Kata-kata jujur akan mengalir dengan mudah tanpa harus berpikir panjang.

Sesuatu terasa janggal
Insting Anda dapat membuat Anda sulit memercayai hal yang lawan bicara Anda sampaikan. Tubuh manusia dapat mendeteksi jika seseorang sedang membohongi Anda, dan sebagian besar waktu insting Anda benar.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kebijakan Ahok Benahi Jakarta, Gusur Lokalisasi hingga Gagas Karya Monumental
Artikel Selanjutnya
Minimal Lulusan SMP, Cek Info Lengkap Penerimaan TNI 2020