Sukses

Ingin Jadi Karyawan Facebook? Ini Syarat dari Mark Zuckerberg

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang ingin memiliki karir dan bekerja dengan perusahaan-perusaahan besar dunia sekelas Facebook dan bisa jadi itu Anda sendiri. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memiliki kriteria utama dalam memilih orang yang akan bekerja di perusahaan tersebut.

Seperti dilansir dari themuse.com pada Sabtu (5/3/2016), Mark mengungkapkan ia hanya akan mempekerjakan orang-orang yang nantinya berkomunikasi langsung dengan dirinya. Pernyataan tersebut cukup mengejutkan, khususnya ketika Mark sedang berkunjung ke Barcelona, Spanyol.

 Mark Zuckerberg (sumber. Themuse.com)

Banyak pihak yang berusaha mengintepretasikan ucapan ayah dari Max Zuckerberg tersebut untuk mendalami pesan dan mungkin persyaratan menjadi karyawan di Facebook. Namun, Mark mengklarifikasi dan menjelaskan makna dari ucapannya.

Mark mengatakan jika dulu terdapat banyak perbedaan, dirinya tak akan mulai membangun perusahaan dan memilih untuk bekerja dengan orang yang dimaksudnya tersebut. Mark menambahkan jika Facebook lenyap dan ia harus mencari sesuatu untuk dikerjakan, dengan senang hati dirinya akan bekerja bersama orang yang dimaksud tersebut.

Bila kita coba untuk menelisik ke dalam budaya kerja di perusahaan Facebook, lingkaran utama Mark memiliki tingkat aspirasi kerja yang tinggi. Termasuk dalam mempertimbangkan perekrutan manajer. Jadi ketika interview, kemungkinan untuk lolos akan besar jika menunjukkan Anda tak hanya karyawan yang baik, tetapi juga pemimpin hebat.

Jika dilihat dari ucapan Mark tersebut, kabar baiknya yaitu Anda bisa meraih kesempatan walaupun belum pernah menjadi manager. Selain itu Mark juga memberikan beberapa syarat lainnya untuk menjadi bagian dari perusahaannya.

Pertama, menunjukkan sosok kepemimpinan bukan dari CV yang penuh akan kemampuan, tetapi lebih kepada penonjolan karakter. Pemimpin yang hebat tahu pasti cara menghargai sesuatu dan menunjukkan integritasnya.

Kantor Facebook di Palo Alto (business insider)

Selain itu, menurut Mark seorang pemimpin yang baik harus bisa menempatkan diri di luar pribadinya sendiri serta mampu memutuskan sesuatu dengan pintar dan bijak untuk kepentingan tim. Lalu, mereka benar-benar mengerti jalan terbaik dalam memberikan mandat kepada orang lain.

Mark menegaskan dirinya mencari orang-orang yang memiliki passion untuk bekerja dan selalu menunjukan kapasitas terbaik mereka dalam melakukan apapun. Mungkin terdengar umum dan klise, namun Mark mengatakan hal tersebut yang menjadi kriterianya.

Kantor Facebook (sumber. officesnapshots.com)

 

Loading