Sukses

Kini Impian Anak-anak Halmahera Utara Jadi Kenyataan

Kini impian anak-anak Halmahera Utara jadi kenyataan berkat kolaborasi The Body Shop Indonesia dan Wahana Visi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Saat buku bacaan mulai ditinggalkan anak-anak di daerah perkotaan, anak-anak di Halmahera Utara, Maluku Utara justru menganggap buku barang mewah dan berharga. Maka saat The Body Shop bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) menyediakan fasilitas perpustakaan keliling, menjadi impian yang jadi kenyataan.

Perpustakaan keliling yang diluncurkan 3 Maret 2016 dengan sebutan Mobil Sahabat Anak (MSA) bukan hanya dilengkapi buku-buku pelajaran dan ilmu pengetahuan. Selain itu mereka bisa belajar dari media audio-visual seperti TV, CD, DVD, dan tape.

"MSA jadi perpustakaan keliling pertama di wilayah layanan WVI di Halmahera Utara. Apresiasi kami pada The Body SHip yang mewujudkan mimpi anak Halmahera untuk memiliki perpustakaan," jelas Beatrice Mertadiwangsa, Donor Acquisition Manager Wahana Visi Indonesia.

Berdasarkan hasil pendataan di wilayah layanan WVI di Halmahera Utara ditemukan sebanyak 40% anak di atas 10 tahun di Kabupaten Halmahera Utara belum melek huruf. Mereka belum mampu membaca dan menulis, padahal sudah duduk di kelas 6 SD. Menurut pihak sekolah, jika dirata-ratakan, anak-anak baru bisa membaca saat menduduki kelas 3-4 SD.

“Secara geografis, Kabupaten Halmahera Utara terletak di Indonesia Timur yang cukup sulit untuk dijangkau. Oleh karena itu buku-buku dan alat penunjang belajar anak juga sulit untuk didapatkan. Jika ada, harganya mahal dan hanya bisa didapat di ibu kota kabupaten, Tobelo. Padahal, banyak desa-desa yang letaknya cukup jauh dari Tobelo," lanjut Beatrice.

Pada kesempatan yang sama, Rika Anggraini, GM Corporate Communication The Body Shop® sebagai pendukung program juga senang dapat berkolaborasi dengan WVI dalam mendukung pendidikan anak-anak di tiga wilayah, Halmahera Utama, Merauke, dan Sambas.

“Selama 3 (tiga) tahun terakhir The Body Shop® Indonesia mendukung kegiatan Wahana Visi Indonesia untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak di Indonesia. Dukungan ini merupakan kontribusi customer melalui donasi di gerai The Body Shop® diseluruh Indonesia dan sejalan dengan semangat Beauty of Giving kami” ujarnya saat membuka acara peluncuran MSA tersebut.

Kerjasama The Body Shop® bersama WVI telah dijalin sejak empat tahun yang lalu. Pada tahun ini kemitraan keduanya juga memberi dukungan pada pembangunan PAUD Ceria di Sambas dan perlengkapan sekolah untuk 420 anak di Merauke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.