Sukses

Apa Rasanya Snorkeling di Rawa Berair Keruh?

Snorkeling lazimnya dilakukan di lepas pantai dengan pemandangan bawah laut yang indah.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu silam, atlet terbaik dunia berkumpul di suatu tempat untuk menceburkan diri mereka ke dalam rawa. Ini tidak sedang membicarakan olimpiade, namun ini berbicara tentang Kejuaraan Dunia Bog Snorkeling, yang telah menjadi tradisi dan bertahan hingga puluhan tahun.

Bog snorkeling merupakan olahraga menyelam, hanya saja berbeda dengan olahraga menyelam pada umumnya. Jika pada umumnya snorkeling dilakukan di laut lepas, bog snorkeling dilakukan di rawa-rawa. 

Lebih dari 150 atlet dari seluruh dunia berkumpul di Waen Rhydd, sebuah rawa gambut yang ada di Llanwrtyd Wells di Wales. Sepanjang 55 meter rawa gambut berisi air parit menjadi lintasan yang digunakan oleh para atlet snorkeling beradu kecepatan.

foto: roughguides.com

Seperti dilansir Roughguides, Kamis (10/9/2015), para peserta hanya diwajibkan memakai sepatu renang. Sisanya mereka boleh mengenakan pakaian apa saja, termasuk kostum yang memungkinkan mereka menjadi seorang Elvis Presley.

Tahun lalu rekor dipegang oleh Kirsty Johnson yang telah berhasil berenang dalam waktu 1 menit 22,56 detik. Tahun ini rekor dipecahkan selisih 4 ditik oleh seorang atlet bernama Haydn Pichforth.

foto: roughguides.com

Merunut sejarahnya, kejuaraan Bog Snorkeling dicetuskan oleh Gordon Green pada 30 tahun silam, dan kini telah berubah menjadi suatu olahraga yang eksentrik. Tak jarang banyak orang datang dari berbagai belahan dunia untuk menjadi peserta, atau sekadar menyaksikan keseruan menyelam di air rawa yang keruh.

(ibo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini