Sukses

Tahu Campur, Kuliner dengan Cita Rasa Khas Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Tahu merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat kedelai, dan mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Meski dikenal sebagai makanan rakyat mengingat harganya yang sangat terjangkau, namun bahan makanan ini kerap dijadikan berbagai inovasi masakan khas nusantara yang sangat lezat dan istimewa, seperti berbagai kuliner khas di Jawa Timur misalnya.

Selain Tahu Tek, Jawa Timur juga mengenal kuliner tradisional lain yang berbahan dasar tahu, Tahu Campur namanya. Nama ‘Campur’ digunakan mengingat kuliner tradisional ini dicampur dengan bahan utama lain, seperti empal daging sapi, tauge, daun selada, dan perkedel singkong.

Saat Tim Liputan6.com berkunjung ke Surabaya, yang ditulis pada Rabu (1/7/2015), penjual Tahu Campur sangat sulit ditemukan. Namun demikian, menurut penuturan warga sekitar terdapat satu penjual Tahu Campur yang masih konsisten hingga saat ini, yaitu Tahu Campur Haji Abdul Mahfud yang berlokasi di Jalan Kalasan No 22, Surabaya.

Tahu Campur kuliner tradisional Jawa Timur

Pembeli yang datang dapat menyaksikan secara langsung pembuatan Tahu Campur, bahan utama tahu yang sudah dipotong dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Setelah dicampur kemudian disiram dengan kuah kaldu yang di dalamnya terdapat potongan empal. Untuk menambah cita rasa khas Jawa Timur, sajian Tahu Campur juga ditambahkan petis.

Tahu Campur akan menjadi lebih nikmat jika disajikan bersamaan dengan sate telur puyuh dan kerupuk udang. Satu porsi Tahu Campur dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 15 ribu/ porsi. Jika Anda berkunjung ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas Jawa Timur yang satu ini.

(Ibo/Igw)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS