Sukses

Cara Walikota Sutarmidji Tumbuhkan Potensi Wisata Air Pontianak

Percepatan penataan Sungai Kapuas dan pembangunan jalan pararel Sungai Jawi merupakan cara untuk menciptakan wisata air di Pontianak.

Liputan6.com, Jakarta Percepatan penataan pinggiran Sungai Kapuas sebagai wajah terdepan dari Kota Pontianak dinilai penting, mengingat sungai tersebut akan dijadikan salah satu objek wisata air unggulan di Provinsi Kalimantan Barat. Pemerintah Kota Pontianak bahkan tengah mempersiapkan pembangunan waterfront, sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat.

Selain pembangunan waterfront, pemerintah Kota Pontianak juga tengah membangun jalan paralel Sungai Jawi. Hal ini penting dilakukan untuk menciptakan objek wisata air sekaligus kuliner di Pontianak. Wali Kota Sutarmidji bahkan telah memastikan bahwa dalam 2 tahun ke depan, pembangunan jalan paralel Sungai Jawi tuntas dikerjakan.

Wali Kota Sutarmidji saat ditemui awak media pada Minggu (31/5/2015) juga mengungkapkan, “Saya ingin mewujudkan Sungai Jawi yang bersih, yang tertata, saya mau mewujudkan Sungai Jawi yang menjadi salah satu objek wisata air yang bisa diandalkan. Kalau perlu kita buat dua pintu air yang bisa mengatur ketinggian air Sungai Jawi itu untuk wisata air.”  

Untuk mewujudkan hal tersebut, Wali Kota Sutarmidji mengharapkan masyarakat yang bermukim di pinggir Sungai Jawi agar turut mendukung pelaksanaan pembangunan dengan menyerahkan lahan atau membongkar berbagai bangunan sejauh 10 meter dari jalan paralel yang akan dibangun.

Dukungan masyarakat untuk mendukung pembangunan jalan paralel Sungai Jawi ini sangat dibutuhkan, pasalnya selain sebagai upaya untuk mangalihkan arus lalu lintas di pinggiran Sungai Jawi, pembangunan ini juga dimaksudkan agar warga sekitar dapat mengakses jembatan, mengingat hampir seluruh jembatan yang ada di Sungai Jawi akan dibongkar. (Raden AMP/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.