Sukses

Prototipe Desain Rumah Prefabrikasi Hemat Energi

Inilah hasil prototipe dari rumah prefabrikasi hemat energi.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin mempunyai rumah dengan biaya yang murah, waktu pembangunan yang cepat, juga ramah lingkungan atau sering disebut sebagai rumah hemat energi? Dasar inilah yang membuat semua perusahaan arsitek asal Australia, Archiblox, membuat rumah prefabrikasi yang rendah penggunaan emisi karbon.

Rumah karbon yang diklaim Archiblox sebagai rumah prefabrikasi hemat energi pertama di dunia tersebut memanfaatkan desain tenaga surya melalui serangkaian atap panel surya. Selain itu, rumah tersebut bisa mendaur ulang air hujan agar dapat membantu mengurangi konsumsi air tanah.

Pengaturan suhu juga dilakukan dengan mengatur posisi rumah menghadap utara agar udara hangat bisa menguasai ruangan saat musim dingin, beberapa tanaman herbal dan sayuran yang disusun vertikal pada dinding, juga penambahan tabung untuk membuat aliran silang ventilasi udara.

Rumah yang berukuran 53 meter persegi ini juga lengkap dikemas dengan kamar tidur, kamar mandi, dapur makan, ruang bersantai, lengkap juga dengan sudut-sudut untuk mencuci pakaian, lemari, dan juga taman.

Demikian yang dilansir dari laman Gizmag, Jumat (6/3/2015). Penyusunan ruangan dan pemaksimalan pernggunaan ruangan membuat ruangan lebih sejuk dan tentunya menjadikan rumah hemat energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.