Sukses

Festival Cap Go Meh 2015 Bogor Hadirkan Berbagai Kesenian Daerah

10 patung dewa dewi akan diarak bersamaan dari Klenteng Ho Tek Bio menuju Vihara Budha Sena saat pesta rakyat Street Festival Cap Gomeh 2015

Liputan6.com, Bogor Perhelatan pesta rakyat Street Festival Cap Go Meh 2015 di Kota Bogor akan dilangsungkan sore ini sekitar pukul 16.00 WIB. Dalam pelaksanaannya, akan ada pawai berbagai kesenian daerah dan Joli dari Vihara Dhanagun atau Klenteng Ho Tek Bio menuju Vihara Budha Sena.

Terdapat lima joli yang disiapkan di Wihara Dhanagun. Sebelum diarak, joli atau tempat dewa tersebut dirias terlebih dahulu. Waktu yang digunakan sekitar dua jam untuk merias joli.

"Joli dirias agar tuan rumah (dewa) terlihat bersih serta rapi. Kemudian juga perlambang sukacita warga,” kata Ketua Ritual Franky Sibbald di Vihara Dhanagun, Bogor, Kamis (5/3/2015).

Setidaknya, kata Franky, ada 10 dewa yang diarak menggunakan joli yang datang dari Jabodetabek. Semua patung-patung tersebut akan dikumpulkan dan diarak secara bersamaan dari Wihara Dhanaun sore nanti.

Proses membawa joli pada pawai nanti dilakukan dengan berjalan kaki. Proses membawa patung itu terasa lama karena harus berhati-hari dan juga berat.

Iring-iringan joli juga tidak akan melintas dari jalan Siliwangi atau iring-iringan joli hanya akan diarak sepanjang 2 kilometer dari Wihara Dhanagun. Sedangkan pawai dan karnaval akan terus jalan memutar menuju Jalan Padjajaran.

“Walau hujan Joli akan tetap diarak ke Vihara Budha Sena. Kemudian malamnya sekitar pukul 9 malam, Joli akan kembali dibawa ke tempat awal yaitu di Vihara Dhanagun,” pungkasnya. (Bima Firmansyah/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini