Sukses

Thai Alley, Hadirkan Ragam Kuliner Street Food ala Thailand

Thai Alley hadirkan menu street food asal Thailand yang super lezat.

Liputan6.com, Jakarta- Thailand menjadi salah satu negara yang cukup sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain memiliki panorama yang sangat indah, Thailand juga dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki ragam kuliner yang super lezat khususnya street food atau yang biasa disebut dengan makanan pinggir jalan.
 
Kini, Anda tak perlu repot-repot lagi bertandang ke negeri Gajah putih untuk mencicipi aneka street food khas Thailand. Karena, restoran Thai Alley di Jakarta menyajikan menu street food atau makanan pinggir jalan khas Thailand yang dapat memanjakan diri Anda.
 
Berdiri sejak tahun 2012, Thai Alley sendiri merupakan sebuah restoran yang mengadaptasi menu-menu kuliner pinggir jalan khas Thailand dan Bangkok. Konsep street food Thailand dan Bangkok ini sendiri berawal ketika sang owner yang merupakan pecinta travelling bertandang ke Thailand.
 
"Jadi, owner kita sendiri merupakan seseorang yang suka melakukan travelling. Dari semua tempat yang sudah ia sambangi, beliau sangat terkesan dengan negara Thailand. Mulai dari panoramanya hingga kuliner pinggir jalan khas negara tersebut. Owner juga mengatakan bahwa street food Thailand sangat istimewa. Hingga akhirnya, beliau membuat restoran Thai Alley ini. Pertama kali di Pasific Place lalu mulai melebarkan sayap dengan membuka cabang di Gandaria City pada tahun 2013, Puri Indah Mall pada tahun 2014," tutur Ismail Ocha, Area Manager saat ditemui oleh Liputan6.com di Thai Alley Gandaria City, Jakarta, Selasa (14/1/2015).
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman

Nuansa khas pinggir jalan Thailand memang sangat nampak pada restoran yang buka sejak pukul 11.00 - 22.00 ini. Dibagian depan restoran, Anda akan disambut dengan sebuah gerobak makanan. Dimana, gerobak tersebut merupakan ciri khas makanan pinggir jalan dari Thailand.
 
 
Melangkah lebih dalam lagi, maka Anda akan dimanjakan dengan permainan warna dari kursi, meja kayu unfurnish, serta aneka dekorasi lainnya yang membuat restoran ini semakin terlihat berwarna.
 
Untuk menambah kesan 'pinggir jalan' restoran ini juga dihiasi dengan krat-krat minuman yang bertengger di atas restoran serta grafiti-grafiti cantik dengan gambar gajah. Dimana, gajah sendiri merupakan ikon dari negara Thailand. Ya, berada di dalamnya akan membuat Anda berdecak kagum sambil berkata 'restoran ini memang seperti restoran yang ada di pinggir jalan Thailand.'
 
 
Untuk ruangan sendiri, Thai Alley membaginya menjadi dua bagian. Yaitu ruangan merokok dan tidak merokok. Walaupun terbagi dua, namun kedua ruangan ini tetap memberikan ciri khas pinggir jalan Thailand yang sangat indah.
 
3 dari 4 halaman

Hidangan Penutup

Berbicara tentang restoran Thai Alley, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi hidangan yang disajikan. Untuk bahan dasar makanan dan minuman yang disajikan oleh Thai Alley didatangkan langsung dari Thailand. Tak hanya bahan dasar makanan saja, namun koki yang bertugas untuk memasak pun juga didatangkan dari Thailand. Jadi, dapat Anda bayangkan bukan, bagaimana lezatnya menu-menu kuliner yang dihadirkan oleh Thai Alley?
 
Minuman
 
Ada salah satu minuman yang menjadi andalan dari restoran Thai Alley. Ya, minuman ini adalah Thai Tea. Mungkin sebagaian besar dari Anda sudah pernah mendengar atau sering mencicipi minuman berwarna oranye tua ini. Namun, Thai Tea dari Thai Alley memiliki rasa yang berbeda dari Thai Tea lainnya. Selain memiliki rasa pahit dan manis yang mampu berpadu menjadi satu, minuman ini juga sangat segar.
 
 
"Proses pembuatan Thai Tea memakan waktu yang cukup lama. Biasanya teh tersebut kami diamkan terlebih dahulu selama satu hari penuh agar memberikan rasa yang nikmat. Jadi, jika persediaan Thai Tea kami habis, konsumen tidak dapat memesan karena membutuhkan waktu sangat lama untuk membuat minuman ini," tutur Ambar Arum, Marketing Executive.
 
 
Makanan
 
Selain minuman segar khas Thailand dan Bangkok, restoran yang rencananya akan membuka cabang di Summarecon Mall Serpong pada tahun 2015 ini juga menghadirkan deretan makanan yang sangat lezat.
 
Salah satu makanan baru yang cukup menyita perhatian para konsumen setia dari Thai Alley adalah Seafood Platter. Ya, makanan berukuran cukup besar ini terdiri atas ikan kakap yang digoreng tepung, cumi bakar, udang goreng, kerang rebus, cumi goreng dan salad pepaya.
 
 
Menu Seafood Platter akan semakin nikmat bila dikonsumsi juga dengan menggunakan dua saus yaitu Seafood Saus dan Thai Sous. Dimana, Seafood Sous didominasi dengan rasa pedas dan asam sementara Thai Sous didominasi dengan rasa manis dan sedikit asam. Perpaduan antara seafood dengan saus yang dihadirkan menciptakan sensasi tersendiri yang membuat Anda ingin melahapnya lagi. Makanan seharga Rp 279 ribu ini akan terasa nikmat saat dimakan bersama dengan teman-teman atau keluarga. Hal ini dikarenakan Seafood Platter memiliki jumlah makanan yang sangat banyak.
 
 
Selain Seafood Platter, Thai Alley juga menyajikan hidangan super lezat bernama Neua Manaow. Ya, Neua Manow sendiri merupakan potongan daging yang ditusuk dengan menggunakan tusuk sate lalu disiram dengan bumbu-bumbu pedas manis khas Thailand yang terdiri atas bawang putih, daun mint, potongan cabai, kol dan bumbu-bumbu serta sayur lainnya. Potongan daging yang empuk dan lembut seakan berpadu sempurna saat disandingkan dengan bumbu-bumbu Thailand yang segar dan nikmat. Untuk menikmati makanan lezat ini, Anda perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 98 ribu saja.
 
 
Lalu ada pula makanan andalam dari Thai Alley yaitu Tom Yam Talay. Ya, rasa pedas dan asam sangat mendominasi makanan yang satu ini. Segar dan nikmat itulah kata yang pantas disematkan untuk makanan yang satu ini.
 
 
Disajikan secara panas, Tom Yam Talay sendiri terdiri atas udang segar, cumi, ikan, potongan sayur serta bumbu-bumbu khas negara Thailand. Sehingga tak heran, makanan seharga Rp 100 ribu ini sangat diminati oleh para konsumen setia Thai Alley.
 
 

Kenyang menikmati setiap hidangan yang dihadirkan oleh Thai Alley, tak lengkap rasanya jika Anda tak mencicipi menu hidangan penutup dari restoran yang satu ini. Ada dua hidangan penutup yang menjadi favorit dari para pelanggan setia Thai Alley di antaranya adalah Man Cham dan Kati Sod Ice Cream.

 

Man Cham

Anda merupakan seorang penggemar singkong Thailand? Jika iya, maka hidangan ini tentu menjadi makanan favorit Anda. Perpaduan antara singkong yang lembut dan halus terasa sangat sempurna saat disandingkan dengan saus santan kental yang sangat nikmat. Uniknya, saat menggigit singkong hingga ke bagian terdalam, rasa manis dan gurih akan Anda rasakan. Ya, Man Cham memang patut dianggap sebagai hidangan penutup favorit dari Thai Alley. Untuk menikmati lezatnya Man Cham, Anda perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 42 ribu.

 

Kati Sod Ice Cream

Selain Man Cham, salah satu hidangan baru yang berhasil mencuri perhatian para pecinta kuliner Thailand adalah Kati Sod Ice Cream. Makanan yang tengah digilai oleh para pecinta kuliner ini disajikan disebuah batok kelapa. Untuk Thai Alley sendiri, Kati Sod Ice Cream terdiri atas es krim kelapa, nata de coco, kolang kaling, kacang merah, kacang tanah, ubi manis, jagung dan nagka. Sementara itu, untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, seluruh isi Kati Sod Ice Cream akan disiram dengan santan manis yang kemudian dipermanis dengan daun mint.

Bagaimana dengan perpaduan rasa yang dihadirkan? Ya, rasa manis, gurih dan segar sangat mendominasi makanan unik yang satu ini. Mengingat rasanya yang sangat enak, sayang rasanya jika Anda tak mengunjungi Thai Alley untuk mencicipi hidangan penutup yang satu ini. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mencoba setiap menu yang dihadirkan oleh Thai Alley? (Cyn/Ars)

4 dari 4 halaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.