Sukses

Sambut Tahun Baru 2015 dengan Rayakan Hari Introver Sedunia

2 Januari ternyata merupakan Hari Introver Sedunia.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda, 2 hari berselang setelah tahun baru 2015 yang jatuh tepat pada hari ini (2/1/2104) adalah hari khusus dimana semua orang diajak lebih memahami dan menghargai para introver. Ya, hari ini adalah Hari Introver Sedunia.

Dikutip dari laman introvertday.org, Hari Introver Sedunia pertama kali diadakan tahun 2011. Dalam laman tersebut, dijelaskan bahwa saat ini kita hidup di dunia ekstrover sehingga para introver dianggap arogan dan aneh. Stigma seperti itulah yang coba dihapus melalui Hari Introver Sedunia ini.

Menurut seorang psikologis terkenal dari Swiss, Carl Jung, terdapat tiga jenis kepribadian umum pada manusia, pertama introver, kedua ambiever dan terakhir ekstrover. Ketiga kepribadian ini memiliki pandangan yang berbeda dengan dunia di luarnya termasuk dalam hal interaksi sosial, respon terhadap masalah dan berbagai hal lain.

Di antara banyak hal yang membuat seorang introver dianggap arogan dan aneh adalah karena mereka lebih cenderung menutup diri dari dunia luas. Mereka akan menghabiskan waktu dengan membaca, menulis dan hal-hal lainnya yang sifatnya privat.

Meskipun begitu, mereka memiliki keunggulan dalam banyak hal. Misalnya, mereka akan berpikir terlebih dulu sebelum berbicara atau melakukan sesuatu. Hal ini membuat introver tidak akan asal bicara. Selain itu, para introver juga merupakan pendengar yang baik dan analitik.

Introver memang minoritas. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kehadiran orang introver hanya sekitar 25 persen dari populasi manusia.

Tetapi, dari jumlahnya yang sedikit itu mereka adalah orang yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Beberapa orang yang mungkin akan membuat Anda kaget karena sebenarnya mereka adalah introver adalah adalah J.K Rowling, Bill Gates, Abraham Lincoln hingga Albert Einstein.

Selamat Hari Introver Sedunia! Mari saling memahami!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini