Sukses

Ekspedisi Warisan Kuliner Bango: Iga Kambing Bakar Kecap

Liputan6.com, Jakarta Karena Rasa Tak Pernah Bohong! Sepanjang perjalanan sejarah Anda menyantap makanan, tak jarang Anda bisa rasakan bagaimana harga tak selalu berbanding lurus dengan rasa. Menu yang enak tak hanya dapat ditemui di restoran-restoran mewah. Lidah Anda pun bisa kerap bergoyang saat makan di luar tempat-tempat itu.

Sebagai usaha untuk mengekplorasi kekayaan budaya kuliner Indonesia yang selama ini belum banyak diketahui, kecap Bango menyelenggarakan program bertajuk Ekspedisi Warisan Kuliner Bango. Hasil dari Ekspedisi Warisan Kuliner Bango ini adalah ditemukannya beberapa resep istimewa dari para penjaja masakan legendaris, lengkap dengan cara unik dan otentik dalam mengolah daging kambing. Bumbu-bumbu yang digunakan pun adalah tradisi khas daerah mereka masing-masing.

Berikut ini adalah salah satu resep dari kecap Bango yang bisa menyemarakkan perayaan Idul Adha Anda. Resep Iga Kambing Bakar Kecap Aroma Jeruk ini terinspirasi dari apa yang didapat Ekspedisi Warisan Kuliner Bango.

IGA KAMBING BAKAR KECAP AROMA JERUK
(
Untuk: 4 porsi)

Bahan:
750 g iga kambing, potong sesuai selera
1 buah bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
3 cm jahe, parut
2 sdm madu
3 sdm Kecap Manis Bango
½ sdm garam
½ sdt merica hitam bubuk
½ sdt gula pasir
1 sdt kulit jeruk nipis
1 ½ sdm air jeruk nipis
3 sdm margarin, untuk menumis
1 L air

Cara Membuat:

  • Panaskan margarin. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga harum.
  • Masukkan iga, masak hingga berubah warna. Tambahkan madu, Kecap Manis Bango, garam, merica hitam, gula, kulit jeruk nipis, dan air. Masak hingga matang dan bumbu meresap sempurna.
  • Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata. Angkat.
  • Bakar iga di atas bara api hingga berwarna kecokelatan sambil sesekali diolesi bumbu. Angkat. Sajikan segera

Tips:

  • Pilihlah daging kambing berwarna merah segar dan cerah. Daging yang segar tak memiliki aroma prengus yang menyengat. Pastikan juga daging bertekstur kenyal dan padat. Jika akan membeli daging kambing yang berlemak, pastikan lemak berwarna putih.
  • Jangan mencuci daging kambing, karena pencucian bisa membuat aroma prengus muncul. Sebagai alternatif, bungkus daging dengan daun pepaya selama 1 jam atau lumuri dengan nanas parut dan diamkan sekitar 10 menit sebelum diolah. Hal ini berfungsi untuk mengempukkan daging tapi tidak mempengaruhi rasanya.
  • Karena tekstur dagingnya yang liat, daging kambing akan membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Gunakan api kecil agar daging tetap juicy dan bumbu dapat meresap sempurna.

[Baca Juga: Resep Iga Bakar ala Jangkung]

(Adv)