Sukses

Di Idaho, Jalan Raya Didesain Jadi Sumber Energi Baru

Scott Brusaw ciptakan solar sel sebagai alternatif sumber energi baru.

Liputan6.com, Amerika Serikat Pertambahan penduduk yang pesat jaman sekarang tak dipungkiri membuat konsumsi penggunaan bahan bakar atau energi alam menjadi bertambah pula.

Untuk itulah banyak orang berlomba-lomba untuk menciptakan sumber energi alternatif baru sebagai penyokong kehidupan manusia.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Minggu (18/5/2014), Scott Brusaw, seorang asal Idaho, Amerika Serikat tengah merancang teknologi solar sel yang nantinya dapat digunakan sebagai salah satu sumber energi alternatif.

Rencananya, solar sel tersebut akan diletakan di bawah aspal jalanan dan hal ini untuk pertama kalinya akan diuji coba di lingkungan tempat tinggalnya sendiri.

Sementara itu yang cukup menjadi perhatian adalah wacana Scott Brusaw sang pengaggas ide yang menyatakan bahwa mobil yang melintas di atas jalan yang terdapat solar sel di bawahnya tidak akan perlu lagi menggunakan bahan bakar minyak. Sehingga yang perlu dilakukan pengendara adalah, tinggal melintasi jalan tersebut.

Nantinya, solar sel yang tertanam di bawah aspal itu juga akan berfungsi untuk menjadi seumber daya listrik untuk lampu lalu lintas, dan yang sedang dikembangkan belakangan ini, menjadi sumber daya bagi rumah-rumah yang ada di sekitar jalan tersebut.

Saat ini Scott dan istrinya tengah mendalami lebih lanjut soal pemanfaatan tenaga sinar matahari tersebut untuk kehidupan manusia yang lebih kompleks bersama dengan organisasi Indiegogo. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini