Sukses

10 Kota Terbaik untuk Kaum Muda

Liputan6.com, Los Angeles Menurut Anda bagaimanakah menentukan kriteria kota terbaik bagi kaum muda yang kini hidup di zaman urban?

Seperti yang dilansir dari Huffingtonpost, Kamis (10/4/2014), memang sulit untuk menentukan kriteri kota terbaik bagi kaum muda. Pasalnya peluang memperoleh kehidupan yang lebih baik bagi kaum muda mulai melemah pada tahun 2008.

Dalam indeks perdana 2014, YouthfullCities, sebuah perusahaan berwawasan sosial berinisiatif melakukan penelitian dan penilaian sejumlah kota di dunia yang mendukung dan memfasilitasi kehidupan anak mudanya untuk berkembang.

Sejumlah kota dipilih menjadi tempat yang paling baik bagi anak-anak muda berusia 15-29 tahun berdasarkan indeks yang berbeda. Lapangan kerja, transportasi umum, fesyen, musik, semangat berwira-usaha dan peran mereka di masyarakat menjadi dasar penilaian mereka.

Inilah 10 kota yang layak ditinggali oleh anak muda saat ini:

2 dari 11 halaman

Toronto

1. Toronto

Berbicara mengenai partisipasi, masyarakat kota Toronto memang masih rendah. Namun hal itu dikesampingkan oleh YouthfulCities. Saat ini Toronto merupakan kota paling baik bagi anak muda tinggal. Keragaman, akses digital, lahan pekerjaan, akses keuangan, dunia hiburan tumbuh bersama dengan dunia kreatif yang banyak diminati oleh anak muda. Tak salah bila kini Toronto menjadi tujuan banyak pemuda yang tergoda untuk hidup mapan dan menikmati dunia.

3 dari 11 halaman

Berlin

2. Berlin

Kota Berlin menjadi kota yang sangat nyaman bagi anak muda. Meski memiliki sarana transportasi yang sempurna di bumi, Berlin kini mengembangkan sarana penyewaan sepeda sebagai pendukung kehidupan sosial pemudanya. Berlin sendiri adalah satu kota di Eropa yang mendukung penuh kemajuan anak muda untuk mengembangkan diri dalam beberapa hal.

Sarana pendidikan dan olah raga tumbuh berkembang bersama minat kota itu memajukan kreatifitas penduduk muda di sana dalam bidang film dan musik. Untuk remaja berusia 15-29, YouthfulCities menganggap inilah tempat sempurna bagi mereka anak–anak muda.

4 dari 11 halaman

New York

3. New York

New York adalah kota yang menawarkan banyak pesona bagi anak muda dunia. Kota metropolis yang tak pernah tidur ini menjadi tempat pertemuan banyak budaya. Tak hanya itu New York memiliki banyak lapangan kerja bagi banyak anak muda. Tidak hanya itu, partisipasi sosial juga tergalang sangat mudah di kota yang dijuluki `The Big Apple`.

5 dari 11 halaman

Dallas

4. Dallas

Belum lama ini kota Dallas memperingati 50 tahun pembunuhan JFK, sebuah sejarah kelam tentunya bagi kota itu. Namun kini Dallas telah berubah menjadi kota yang modern dan memiliki daya pikat bagi pemuda-pemuda dunia untuk datang. Dallas yang berada di negara bagian Texas memiliki sarana publik yang mendukung berkembangnya kehidupan bersosial para remajanya.

6 dari 11 halaman

Paris

5. Paris

Paris yang terkenal sebagai salah satu kota romantis ini membuat banyak orang tertarik untuk menjadikan Paris sebagai salah satu destinasi wisata. Sedangkan bagi anak muda, kota ini adalah pedang bermata dua. Harga kebutuhan yang begitu mahal membuat Paris menerapkan batasan biaya tunjangan.

Dalam dunia fesyen dan seni tak dapat disanggah, Paris adalah tempat untuk menikmati dua hal yang menjadi daya tarik itu. Kota ini juga telah menerapkan akses digital yang maju, infrastruktur telekomunikasi yang baik ditopang dengan jaringan Wi-fi gratis untuk publik.

7 dari 11 halaman

Chicago

6. Chicago

Chicago dikenal sebagai kota yang menyediakan ruang publik terbaik. Menjadi surga bagi anak-anak muda untuk tumbuh dan berkembang. Chicago mengungguli sejumlah negara yang masuk dalam survey YouthfulCities. Memiliki sejumlah perguruan tinggi dengan bermutu dan perpustakaan umum terbaik kota itu menjadikan Chicago dijadikan tempat yang tepat untuk menimba ilmu.

8 dari 11 halaman

London

7. London

London adalah kota dengan kehidupan remajanya yang beragam, tempat ini menjadi tujuan dari banyak anak muda dunia mencari kehidupan baru, budaya pun tumbuh berakulturasi dengan budaya aslinya. Inggris sangat terbuka bagi kaum minoritas (mencakup orientasi seksual, agama dan imigrasi), ini membuat kota metropolitan ini memiliki stabilitas lingkungan yang sangat stabil.

9 dari 11 halaman

Los Angeles

8. Los Angeles

Los Angeles menjadi tempat bagi anak muda menumbuhkan semangat kewirausahaan, sebut saja Palo Alto dan Silicon Valley yang berada di utara Los Angeles. LA menjadi surga bagi anak muda untuk mengembangkan diri menjadi profesional.

Kota ini dikenal sangat baik memberikan pelayanan bagi pemuda-pemuda yang datang untuk mengembangkan diri, menurut YouthfulCities, Los Angeles berada pada peringkat 10 dari 16 tempat yang dikategorikan menjadi tempat terbaik bagi anak muda.

Infrastruktur penopang sengaja dibuat untuk membangun semangat kewirausahaan pemuda-pemuda, dengan standar perusahaan-perusahaan dunia, infrastruktur pelatihan tersebut dapat dinikmati setelah para pemuda mendaftarkan diri dalam sebuah program wirausaha sesuai batasan umur yang telah ditentukan.

10 dari 11 halaman

Tokyo

9. Tokyo

Perekonomian Tokyo yang stabil dan sangat baik, membuat kota ini menjadi salah satu tempat bagi pemuda di dunia untuk mengembangkan karirnya. Menurut YouthfulCities, Tokyo menyediakan banyak lahan kerja yang sangat potensial untuk anak muda berkembang, suasana kerja di Tokyo begitu baik dari kota-kota yang telah disurvey, upah minimum yang cukup tinggi, yang didapat oleh anak muda di kota ini, membuat mereka minim memiliki hutang di bank.

11 dari 11 halaman

Seoul

10. Seoul

Seoul adalah tempat menarik, dunia hiburan berkembang dengan positif, produk kreatifitas telah menjadi komoditas terbaik saat ini. Seoul adalah kota dimana anak mudanya bebas berkreasi dan bergaya. Didukung dengan stabilitas lingkungan yang baik, sarana air bersih yang terjamin, dan sarana transportasi yang canggih Seoul menjadi tempat bagi anak muda menikmati harinya.

Untuk beberapa hal Seoul telah menerapkan proses daur ulang, tentunya itu merupakan lahan kerja baru yang memberikan upah dengan nilai sangat mencukupi. Namun itu tak membuat Seoul menjadi tempat paling nyaman bagi anak muda.

YouthfulCities menilai kota ini masih memiliki kelemahan. Faktor keamanan dan infrastruktur pembangunan mental bagi anak muda adalah masalah yang belum terselesaikan, itu menempatkan Seoul di peringkat 25 dari 25 negara yang belum berhasil menyediakan sarana pembentukan mental anak mudanya.