Sukses

Gunung Wilis Punya Jalur Pendakian Baru, Siapa Mau Coba?

Liputan6.com, Jakarta Gunung Wilis salah satu gunung berapi di Jawa Timur memiliki jalur pendakian baru di Desa Kare yang akan menambah sensasi wisata pendakian bagi para pecinta alam.

Jalur pendakian baru tersebut seiring dengan upaya Pemkab Madiun mengembangkan potensi di Dusun Seweru Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun Jawa Timur. Tepatnya berada di di Base Camp Kare Eco Adventure.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan dengan dibukanya jalur pendakian Gunung Wilis via Kabupaten Madiun Kecamatan Kare tersebut diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta pendakian gunung.

Hal itu sekaligus wujud pemda setempat yang fokus membangun dan memaksimalkan potensi desa yang dimiliki. Keberadaanya Desa Kare juga didukung dengan Resto Sekar Wilis yang dibangun di atas tanah kas desa setempat.

"Pemerintah Kabupaten Madiun membangun dari desa, sama halnya dengan pemerintah pusat yang membangun dari daerah pinggiran. Sehingga ini sangat linear dengan apa yang dilakukan kali ini," ujar Bupati Ahmad Dawami di Madiun, dilansir Antara, Minggu (7/2/2022).

Dia berharap pembukaan jalur pendakian Gunung Wilis di Desa Kare tersebut mampu memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan lingkungan sekitarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Masih Asri

Ahmad Dawami menyampaikan jika dalam membangun desa tidak hanya dilakukan oleh desa tersebut saja, perlunya komitmen serta sinergi antardesa juga antarlembaga.

"Salah satunya adalah pihak Perhutani, TNI, Polri, dan komunitas pecinta alam serta pendaki gunung," ujar dia.

Camat Kare Tarnu Ashidiq menambahkan pengembangan atau pembangunan wisata pendakian Gunung Wilis di wilayah Kecamatan Kare sejalan dengan semangat Pemkab Madiun yang mulai menata daerah selingkar Wilis sebagai kawasan ekowisata.

Dia menyebutkan, Desa Kare di lereng Wilis memiliki banyak potensi alam untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Potensi wisata yang ada dapat lebih dimaksimalkan sehingga sektor pariwisata yang ada di Desa Kare mampu mendongkrak pendapatan asli desa (PAD).

Seperti diketahui, Gunung Wilis merupakan gunung berapi istirahat yang terletak satu rangkaian dalam Pegunungan Wilis. Pegunungan Wilis memiliki sekitar 40 puncak dengan puncak tertinggi adalah Puncak Limas atau Ngliman atau Trogati dengan ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Berdasarkan data yang dihimpun, gunung tersebut memiliki lima jalur pendakian. Yakni via Mojo (Kediri), Bajulan atau Roro Kuning (Nganjuk), Sedudo (Nganjuk), Candi Penampihan (Tulungagung), dan Kare (Madiun). Gunung tersebut jarang didaki sehingga keasrian hutan dan jalurnya masih sangat terjaga. Gunung Wilis termasuk dalam wilayah enam kabupaten, yakni Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS