Sukses

Riwayat Bong Supit Bogem, Tempat Sunat Para Pangeran Keraton Yogyakarta

Tempat sunat Bogem didirikan oleh Raden Ngabegi Noto Pandoyo pada tahun 1939.

Liputan6.com, Yogyakarta - Eksistensi juru supit bogem seperti tak pernah pudar. Bahkan hingga kini Bong Supit Bogem tetap fenomenal dan terkenal sebagai tempat sunat legendaris.

Bong Supit Bogem berada di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, persisnya berlokasi di Jalan Solo Km. 15, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Ternyata, tempat menyunat ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Sultan Hamengkubuwono VIII.

Dikutip dari berbagai sumber, tempat sunat Bogem didirikan oleh Raden Ngabegi Noto Pandoyo pada tahun 1939. Sejak dulu tempat menyupit ini sudah menjadi langganan para pangeran Keraton Yogyakarta.

Bong Supit Bogem kerap disebut sebagai 'raja' sunat hingga saat ini. Meskipun seiring perkembangan zaman, tenaga medis atau dokter yang membuka praktik sunat cukup banyak.

Namun Bong Supit Bogem seperti tak redup. Seiring pekembangan zaman, pasien Bong Supit Bogem terus berkembang.

Tak cuma anak-anak dari Yogyakarta saja, tapi juga datang dari berbagai daerah lain. Terlebih jika memasuki musim liburan, sudah dipastikan Bong Supit Bogem ini dipenuhi oleh anak-anak yang ingin disunat.

Banyak orang yang mengatakan bahwa layanan sunat di Bogem ini berbeda dengan di tempat lain. Proses sunat di Bong Supit Bogem ini dikenal prosesnya cepat, tidak sakit dan cepat sembuh.

Hal ini menjadi salah satu alasan banyak orang yang datang ke tempat ini. Selain itu ada hal yang menarik dari tempat menyunat legendaris ini,  konon hasilnya yang menyerupai jengger ayam.

Saking eksisnya tempat sunat ini, para pasien disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang. Tempat sunat ini buka setiap hari, kecuali hari Jumat. Jam praktiknya dibagi dua, yakni pagi pukul 07.00 sampai 09.00 WIB dan sore pukul 15.00 sampai 17.00 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.