Sukses

Waspada, Akhirnya Omicron Masuk Jateng

Temuan varian Omicron ini berdasarkan hasil laboratorium sembilan orang pasien yang terjangkit Covid-19 di Jateng.

Liputan6.com, Semarang- Covid-19 varian Omicron akhirnya masuk ke Jawa Tengah (Jateng). Temuan varian Omicron ini berdasarkan hasil laboratorium sembilan orang pasien yang terjangkit Covid-19 di Jateng.

“Sembilan orang positif Omicron berdasarkan hasil uji whole genome sequencing (WGS),” ujar Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Jumat (21/1/2022).

Saat ini penyelidikan epidemiologi sedang dilakukan. Sampel uji WGS itu berasal dari Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan dan Sukoharjo.

Ia mengungkapkan penulatan varian Omicron 10 kali lebih cepat ketimbang Delta. Oleh karena itu, masyarakat diimbau taat protokol kesehatan termasuk membatasi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Saat ini Polda Jateng dan pemangku kepentingan sedang melakukan percepatan vaksinasi booster di masyarakat. Ia berharap, masyarakat yang belum divaksin tahap satu, tahap dua dan booster untuk aktif melaporkan diri ke pos kesehatan terdekat dan segera vaksin.

Polda Jateng juga telah menyiapkan sejumlah strategi apabila terjadi ledakan Covid-19 akibat Omicron seperti  ledakan Delta pada tahun lalu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.