Sukses

Berwisata ke Pantai Wediombo Gunungkidul, Temukan 5 Fakta Menarik Ini

Pantai Wediombo, Gunungkidul, Yogyakarta menjadi salah satu wisata alam yang populer bagi wisatawan

Liputan6.com, Semarang - Pantai Wediombo, Gunungkidul, Yogyakarta menjadi salah satu wisata alam yang populer bagi wisatawan. Pantai Wediombo berlokasi di Desa Balong, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta atau 70 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Dikutip dari berbagai sumber nama Pantai Wediombo diambil dari bahasa Jawa, yakni wedi yang berarti pasir dan ombo yang berarti luas. Seperti pantai-pantai di Gunungkidul yang terkenal akan keindahannya, Pantai Wediombo juga memiliki keindahan bentang alam yang mempesona.

Berikut 5 fakta menarik Pantai Wediombo Gunungkidul

1. Bekas Kawah Gunung Api

Pantai Wediombo berbentuk setengah lingkaran berbentuk teluk. Terdapat pula sisa-sisa kubah lava dibagian barat garis pantai ini. Diperkirakan Pantai Wediombo merupakan bekas kawah gunung berapi yang tenggelam di bawah permukaan laut.

Selain itu fenomena kebumian yang dapat ditemukan di Pantai Wediombo Gunungkidul adalah segemen pantai bagian timur Wediombo ditempati oleh batuan gunung api dan terobosan mikrodiorit yang berumur sekitar 40 juta tahun lamanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyu Bertelur

2. Tempat Langganan Penyu Bertelur

Sebagai salah satu pantai yang masih terjaga kelestarian dan kebersihannya. Pantai Wediombo menyimpan keanekaragaman hayati yang beragam dan banyak jenis ikan. Ada berbagai mollusca, colenterata, crustacean, serta berbagai jenis ikan hias, udang barong, teripang, kerang, bulu babi dan rumput laut yang tinggal di perairan Pantai Wediombo. Terdapat juga tempat penyu untuk bertelur di kawasan Pantai Wediombo yang dilindungi untuk melestarikannya.

3. Jadi Tempat Selancar

Siapa sangka Pantai Wediombo yang terletak di sisi selatan Pulau Jawa terkenal dengan ombak yang ganas ini dapat digunakan untuk berselancar. Bagi wisatawan yang ingin mencoba berselancar di Pantai Wediombo dapat menyewa peralatan selancar di sekitar pantai dengan harga mulai dari Rp 100.000.

 

3 dari 3 halaman

Snorkeling

4. Tempat Snorkeling

Di pantai Wdiombo ada dua lokasi snorkeling yang bisa dipilih. Di bibir pantai atau di tengah laut yang dapat dicapai dengan naik perahu untuk sampai ke tengah laut.

Pantai Wediombo dikenal sebagai penyedia paket snorkeling lepas pantai pertama di Yogyakarta, sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin memacu adrenalin dengan snorkeling di lepas pantai.

Selain snorkeling di tengah laut sambil melihat pemandangan, wisatawan juga bisa bersantai dan berenang, karena arus air laut cenderung tenang. Wisatawan dapat menikmati sensasi snorkeling di lepas pantai Wediombo dengan minimal enam orang peserta.

Untuk para pemula, snorkeling di bibir pantai dapat menjadi pilihan karena pemandangan di bibir pantainya juga tak kalah menarik. Terlebih lagi terdapat sebuah laguna di dekat pantai yang juga menarik untuk dijelajahi dengan cara snorkeling di sana. Tarif snorkeling di pantai  Wediombo yakni Rp 30.000, sedangkan di lepas pantai seharga Rp 80.000.

5. Memancing

Kekayaan alam yang dimiliki terutama untuk jenis ikan yang beragam membuat Pantai Wediombo juga terkenal sebagai spot memancing. Memancing di tempat ini jika beruntung bisa membawa cukup banyak hasil tangkapan ikan.

Namun perlu diingat, bagi orang yang berniat memancing harus mentaati peraturan yang berlaku dengan tak merusak terumbu karang dan kekayaan alam yang dilindungi lainnya.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.