Sukses

Madinah Siap, Kloter Haji Pertama Terbang 10 September

Para calon haji kloter I ini akan langsung diberangkatkan menuju ke Madinah terlebih dahulu untuk menjalankan ibadah Arba’in.

Calon jamaah haji yang telah terdaftar untuk mengikuti pelaksanaan haji 1434 H atau 2013 bisa segera mempersiapkan diri. Pemerintah akan memberangkatkan kelompok terbang (kloter) pertama pada Selasa, 10 September mendatang.

Seperti dikutip Setkab.go.id, Rabu (4/9/2013), Madinah, Arab Saudi telah siap untuk menerima kedatangan para jamaah haji. Di kota itu, para calon haji kloter pertama tersebut nantinya akan terlebih dahulu menjalankan ibadah arbain.

“Untuk menyambut kedatangan gelombang pertama ini, Madinah sudah siap 100%,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Anggito Abimanyu ketika dihubungi dari Jakarta.

Anggito menuturkan, saat ini persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1434 H telah mencapai tahap akhir. Namun beberapa persiapan beberapa sektor masih terus dikejar, seperti pelatihan terhadap tenaga musiman (temus) dan finalisasi kontrak perumahan di Mekkah.

“Persiapan 95 persen, kecuali pelatihan temus dan amandemen kontrak perumahan. Negosisasi rumah atau pemondokan di Mekkah sudah 80 persen. Proses ini masih berlangsung dan diharapkan bisa diselesaikan,” terang Anggito.

Masjidil Haram

Sementara itu, Anggito juga memastikan kondisi Masjidil Haram yang tengah direnovasi aman bagi jamaah haji yang lansia atau pun mereka yang berkursi roda. Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan sarana tawaf sementara bagi jamaah lansia dan berkebutuhan khusus.

“Kondisi (Masjidil Haram) sudah bagus, terpasang semuanya dan aman untuk kursi roda dan lansia,” ujar Anggito.

Dia juga mengimbau para jamaah agar selalu menjaga kesehatannya mengingat cuaca Arab Saudi yang sangat panas mencapai lebih dari 40 derajat celcius. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini