Sukses

Gubernur Jenderal Australia akan Berkunjung ke Indonesia dalam Rangka Perayaan 75 Tahun Hubungan Diplomatik

Gubernur Jenderal Australia, David Hurley akan mengunjungi Indonesia pada 14-18 Mei mendatang untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jenderal Australia David Hurley beserta Linda Hurley akan mengunjungi Indonesia pada 14-18 Mei mendatang. 

Kunjungan ini merupakan kesempatan untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia. 

Selama kunjungannya di Indonesia, Gubernur Jenderal Australia akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. 

"Indonesia adalah salah satu mitra strategis Australia yang paling penting. Kita bertetangga secara geografis, dan kita adalah mitra dan sahabat karena pilihan. Dalam kunjungan ini untuk merayakan persahabatan itu dan memberikan penghargaan kepada banyak orang dari kedua negara yang berkontribusi untuk persahabatan ini," ujar David Hurley. 

Dalam kunjungannya ini, Gubernur Jenderal Australia bersama sang istri juga akan melakukan beberapa kegiatan di antaranya:

  • Mengunjungi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta.
  • Bertemu dengan Dewan Penasihat Senior dan alumni dari Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia - Australia (IKAHAN)
  • David Hurley turut mendirikan IKAHAN saat dirinya berdinas dii Angkatan Pertahan Australia untuk merayatkan 50 tahun Pertukaran Akademi Militer.

Selain itu, David Hurley akan memberikan sambutan pada acara Gala Dinner untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik, hubungan pendidikan, dan komunitas alumni. 

Diketahui bahwa Gubernur Jenderal Australia ini juga akan mengunjungi pameran foto sebagai peringatan atas 50 tahun ASEAN-Australia di Sekretariat ASEAN. 

Dan sebagai pembina dari Program Pertukaran Muslim Australia-Indonesia dan Program Pemuda Australia-Indonesia, David Hurley juga akan bertemu dengan para peserta dan alumni dari program-program tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Lakukan Pertemuan Tatap Muka dengan Gubernur Jenderal Australia David Hurley

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan David Hurley bukanlah pertemuan pertama, pada Juli 2023 lalu, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan kepada Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Admiralty House, Sydney, Selasa (4/7/2023).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bersama Gubernur Jenderal Australia berjalan melewati barisan pasukan menuju halaman tempat upacara penyambutan kenegaraan dilaksanakan.

Jokowi lalu mengikuti upacara penyambutan kenegaraan oleh Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Admiralty House, Sydney. Iringan lagu kebangsaan dari kedua negara serta 21 dentuman meriam turut menyertai upacara penyambutan tersebut.

Setelah itu, Gubernur Jenderal Australia mempersilakan Presiden Jokowi memeriksa pasukan jajar kehormatan. Setelah itu, Jokowi melaksanakan pertemuan tatap muka bersama Gubernur Jenderal Australia David Hurley.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab, Gubernur Jenderal dalam berbahasa Indonesia menyampaikan dirinya senang menerima kunjungan Presiden Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.