Sukses

[VIDEO] Jemaah Haji Indonesia Pakai Batik di Arab

Agar mudah dikenali sekaligus untuk melestarikan warisan budaya, jemaah haji Indonesia akan mengenakan seragam berbahan batik.

Jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Mekah, Arab Saudi, pada 10 September mendatang. Pada musim haji tahun ini, para jemaah akan mengenakan seragam dari bahan batik warga hijau dan ungu yang dibuat oleh sejumlah usaha kecil dan menengah (UKM).

Seragam ini ditampilkan dalam rakernas persiapan penyelenggaraan haji di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (27/8/2013). Batik dipilih karena merupakan warisan budaya dan untuk ikut mengembangkan UKM perajin batik. Selain itu, dengan mengenakan batik, jemaah haji asal Indonesia akan mudah dikenali.

Dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Kementerian Agama hari ini juga melakukan qurah atau pembagian pemondokan bagi jemaah haji. Pembagian dilakukan dengan sistem undian agar adil bagi setiap wilayah. Bagi jemaah yang tinggal di pondok yang berjarak lebih dari 2 kilometer dari Masjidil Haram akan disediakan kendaraan.

Sebanyak 158.800 jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan ke Tanah Suci mulai 10 September 2013 dari sejumlah embarkasi. Untuk lebih memudahkan, jemaah haji dari Pondok Gede yang semula diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta akan dipindahkan melalui Bandara Halim Perdana Kusumah. Pemerintah juga menetapkan 2 embarkasi antara, yaitu Bengkulu dan Palangkaraya. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.