Sukses

Dahsyatnya Puasa Senin Kamis, Dibukakan Pintu Surga Ar-Rayyan di Hari Kiamat

Berikut ini keutamaan yang diperoleh di hari kiamat sebab melaksanakan puasa Senin Kamis

Liputan6.com, Cilacap - Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunah yang memiliki banyak sekali keutamaan. Selain memiliki pahala yang besar, pelaku puasa ini akan mendapat keutamaan pelakunya di hari kiamat.

Dua yang paling diinginkan umat Islam adalah terbukanya pintu Surga Ar-Rayyan dan dijauhkan dari api neraka.

Berdasarkan riwayat Sayyidah Aisyah RA, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW senantiasa melaksanakan puasa Senin Kamis.

“Nabi SAW selalu menjaga puasa Senin dan Kamis” (HR Tirmidzi dan Ahmad).

Berdasarkan riwayat, saking utamanya puasa sunah ini, salah seorang sahabat Rasulullah SAW yang bernama Usamah bin Zaid melaksanakan puasa ini meskipun saat itu ia telah lanjut usia.

Tatkala ditanyakan alasannya, Usamah bin Zaid menjawab, “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika Nabi ditanya tentang hal itu, beliau menjawab, "Sesungguhnya amalan para hamba disampaikan pada hari Senin dan Kamis."

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memasuki Pintu Surga Ar-Rayan

Menukil laman resmi persada.uad.ac.id puasa sunnah (tathawwu’) adalah segala jenis puasa di luar puasa fardhu yang berfungsi untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Puasa sunnah memiliki banyak keutamaan, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw dalam sabdanya. Berikut di antara keutamaan puasa sunnah:

عَنْ سَهْلٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : ” إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ : الرَّيَّانُ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ، يُقَالُ : أَيْنَ الصَّائِمُونَ ؟ فَيَقُومُونَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ “.

Artinya: Dari Sahl ra (diriwayatkan) dari Nabi saw, beliau bersabda: ”Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu bernama ar-Rayyan. Orang-orang yang suka berpuasa akan masuk (ke surga) dari pintu tersebut di Hari Kiamat. Maka (pada Hari Kiamat) dikatakan: Manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri, dan selain mereka tidak seorang pun (yang masuk surga) melalui pintu tersebut. Ketika mereka (semua) telah masuk, maka pintu tersebut dikunci, sehingga tidak seorang pun dari mereka dapat melalui pintu tersebut.” (HR. al-Bukhari, Muslim, dan selainnya).

3 dari 3 halaman

Dijauhkan dari Neraka Sejauh Perjalanan 70 Tahun

Keutamaan dahsyat dan agung lainnya perihal seseorang yang istiqamah melaksanakan puasa sunah, termasuk puasa sunah Senin Kamis ialah dijauhkan wajahnya dari neraka sejauh perjalanan 70 tahun.

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ” مَنْ صَامَ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بَعَّدَ اللَّهُ وَجْهَهُ عَنِ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا “.

Artinya: Dari Abu Sa’id ra (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Aku mendengar Nabi saw bersabda: “Barang siapa berpuasa satu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka sejauh (perjalanan) tujuh puluh tahun.”(HR. al-Bukhari, Muslim, dan selainnya)

Selain keutamaan di atas, ternyata puasa juga memiliki banyak manfaat atau faedah ditinjau dari segi kesehatan, yaitu puasa dapat mengontrol gula darah, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko terkena diabetes, mengurangi risiko munculnya kanker, menjaga kesehatan mental, dan manfaat-manfaat lainnya.

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.