Sukses

Mudikpedia, E-Book Berisi Panduan dan Informasi Seputar Mudik Lebaran 2024

Informasi dan panduan mudik Lebaran 2024 kini bisa bisa diketahui lewat e-book berjudul Mudikpedia yang dirilis oleh Kementerian Kominfo.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat yang ingin mudik Lebaran 2024 kini bisa mendapatkan informasi dan panduan lengkap. Sebab, Kementerian Kominfo baru saja merilis e-book atau buku elektronik yang diberi nama Mudikpedia. 

Dijelaskan, Mudikpedia hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mudik pada masa Lebaran 2024. 

Menurut Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong, buku elektronik ini melanjutkan kerja tim komunikasi publik yang sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Informasi dan panduan buku elektronik ini disebut penting karena jumlah masyarakat yang melakukan mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan melonjak. 

Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat selama periode Lebaran 2024 bisa mencapai 193,6 juta orang.

"Hal ini untuk memberikan panduan pada masyarakat yang akan mudik. Semua informasi yang dibutuhkan telah dirangkum dalam booklet ini," tutur Usman dalam siaran pers yang diterima, Jumat (29/3/2024).

Menurut Usman Kansong, Mudikpedia merupakan salah satu upaya pemerintah mewujudkan 'Mudik Ceria, Penuh Makna', sesuai dengan slogan angkutan Lebaran 2024.

"Penjelasan dalam buku elektronik ini lengkap, sehingga mereka bisa menentukan, misalnya kapan dan melalui jalur mana saat mudik," tutur Usman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Informasi yang Ada di Mudikpedia

Nantinya, masyarakat bisa memanfaatkan buku elektronik ini untuk memantau lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan, rest area, pom bensin terdekat, rumah makan, serta posko kesehatan sepanjang jalur mudik Lebaran. 

Sebagai informasi, Mudikpedia memiliki konsep living document dengan konten yang akan diperbarui terus menerus.

Dalam buku itu, masyarakat juga bisa memantau lalu lintas secara langsung lewat CCTV di beberapa lokasi seperti Bandung, Jawa Timur, jalan tol PBJT PU, dan pelabuhan Tanjung Priok.

3 dari 3 halaman

Informasi Soal Tarif Tol hingga Kelaikan Angkutan Umum

Tidak hanya itu, Mudikpedia juga menyediakan informasi dan cara pendaftaran mudik gratis, hingga pemesanan tiket kereta api dan kapal feri.

Informasi soal tarif tol, prakiraan cuaca dari BMKG, posko THR 2024, dan penukaran uang dari BI juga disediakan.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, Mudikpedia pun menyediakan informasi keberadaan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Informasi seputar angkutan umum, termasuk kelaikan bus juga dihadirkan di buku elektronik ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.