Sukses

Catat Rutenya, Pupuk Kujang Siapkan 5 Armada Bus untuk Mudik Gratis

PT Pupuk Kujang Cikampek kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi masyarakat. Ada 5 bus yang disiapan dalam program tersebut.

Liputan6.com, Karawang - PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC), Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyiapkan lima unit bus untuk mengantar warga yang ingin pulang ke kampung halaman menjelang Lebaran 2024 nanti. Ini merupakan kegiatan mudik gratis yang menjadi agenda tahunan perusahaan BUMN tersebut.

VP Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Pupuk Kujang Cikampek Agung Gustiawan menuturkan, secara kapasitas lima armada tersebut disiapkan untuk 200 orang. Bus besar tersebut, siap mengantar para pemudik menuju beberapa kota-kota di Jabar.

"Sesuai arahan dari Kementerian BUMN, kami juga turut andil untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran 2024 nanti. Dengan disiapkannya armada gratis ini, kami berharap bisa membantu mengurangi kemacetan," ujar Agung dalam keterangannya, Kamis (21/3/2024) sore.

Agung menjelaskan, lima bus yang disiapkan perusahaannya akan melayani mudi untuk rute Jawa Barat. Untuk rute pertama, itu meliputi mudik gratis dari mulai Cikampek menuju wilayah Kabupaten Subang-Cirebon-Kuningan.

Kemudian, untuk bus rute kedua dimulai dari Cikampek menuju Padalarang-Cianjur-Sukabumi dan berakhir di Pelabuhan Ratu. Selanjutnya, bus ke tiga untuk melayani rute Cikampek-Cileunyi-Nagreg-Limbangan-Malangbong-Ciawi-Rajapolah-Ciamis-Banjar-Pangandaran.

Selanjutnya, untuk bus ke empat akan melayani rute pemudik dari Cikampek-Cileunyi-Nagreg-Kadungora-Leles-Tarogong-Garut Kota-Cilawu-Singaparna-Tasikmalaya Kota. Terakhir, bus ke lima akan disiapkan untuk melayani rute Cikampek-Bandung (Moh.Toha)-Cileunyi-Pamulihan-Sumedang-Majalengka.

"Selain membantu masyarakat untuk bisa mudik dengan aman dan nyaman, program yang diinisiasi Kementerian BUMN ini diharapkan bisa membantu mengurangi kemacetan. Karena berdasarkan data Kemenhub, pemudik tahun ini diprediksi mengalami peningkatan drastis dari lebaran sebelumnya," jelas dia.

Seperti diketahui, Kemenhub telah menghitung, program mudik gratis dari sejumlah instansi bisa mengurangi beban jalan pada musim mudik sebanyak 3 hingga 4 persen.

Sementara itu, AVP Administrasi Pelaporan dan Keuangan TJSL Pupuk Kujang Cikampek, Arief Riyadhi menambahkan, terkait cara mendaftar mudik gratis bersama Pupuk Kujang. Dia menjelaskan, masyarakat bisa melakukannya secara online.

Calon peserta tak perlu ragu mendaftar, karena tinggal menyiapkan sejumah data dan mengisikannya secara online melalui laman https://mudik.pupuk-kujang.co.id/ yang telah disiapkan. Untuk pendafarannya sendiri, telah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 31 Maret 2024 mendatang.

"Sampai saat ini kuota masih tersedia, diusahakan daftar sebelum tanggal pendaftaran berakhir. Karena setiap tahun, animo masyarakat mengikuti mudik gratis ini selalu tinggi. Jika kuota sudah terpenuhi sebelum tenggat waktu, maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini