Sukses

Hukum Memakai Minyak Wangi saat Puasa di Hari Jumat, Penjelasan Buya Yahya

Di hari Jumat selain di bulan Ramadhan dan dalam kondisi tidak puasa, umat Islam disunnahkan memakai minyak wangi. Lantas, bagaimana ketika sedang berpuasa Ramadhan? Apa hukum memakai minyak wangi saat puasa di hari Jumat?

Liputan6.com, Jakarta - Rasulullah SAW menganjurkan umatnya membersihkan diri dan memakai wewangian sebelum melaksanakan sholat Jumat. Anjuran ini salah satunya terdapat dalam hadis berikut.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ هَذَا يَوْمُ عِيدٍ جَعَلَهُ اللَّهُ لِلْمُسْلِمِينَ فَمَنْ جَاءَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ وَإِنْ كَانَ طِيبٌ فَلْيَمَسَّ مِنْهُ وَعَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ 

Artinya: “Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak).” (HR Ibnu Majah).

Saat puasa, perkara membersihkan diri di hari Jumat tidak menjadi masalah, justru itu adalah hal baik. Namun, yang sering menjadi pertanyaan kebanyakan muslim adalah memakai parfum saat puasa

Di hari Jumat selain di bulan Ramadhan dan dalam kondisi tidak puasa, umat Islam disunnahkan memakai minyak wangi. Lantas, bagaimana ketika sedang berpuasa Ramadhan? Apa hukum memakai minyak wangi saat puasa di hari Jumat?

Pertanyaan ini pernah dilontarkan oleh seorang jemaah Al Bahjah kepada KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya. Simak berikut penjelasan Buya Yahya tentang hukum memakai minyak wangi saat puasa.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya menjelaskan, ulama berbeda pendapat soal hukum memakai parfum atau minyak wangi saat puasa. Kebanyakan ulama, termasuk ulama mazhab Imam Syafi’i, menyatakan hukum memakai minyak wangi saat puasa adalah makruh.

“Ini kebanyakan ulama begitu, tapi di sana ada kelompok ulama lain menyatakan kesunnahan minyak wangi sangat kuat. Dari riwayat-riwayat nabi mencontohkan. Maka kesunnahan ini tidak bisa dikalahkan,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Kamis (21/3/2024).

Buya Yahya mengatakan, sebagian ulama tetap menyunnahkan memakai minyak wangi, meskipun bukan pendapat mayoritas ulama. Terlebih lagi ketika parfum tersebut bisa menutupi aroma tidak sedap pada diri seseorang.

“Mohon maaf, misalnya ada aroma yang mengganggu pada diri kita tidak bisa ditutup kecuali dengan minyak wangi, ya tutuplah dengan minyak wangi. Ikut pendapat ulama kedua tadi,” imbuh Buya Yahya.

“Maka, selagi kita bisa tidak memakai minyak wangi dan nyaman tidak mengganggu orang lain, maka jangan pakai minyak wangi karena makruh. Itu yang dikatakan ulama,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Pesan Buya Yahya

Menurut Buya Yahya, persoalan memakai minyak wangi saat puasa jangan terlalu didebatkan. Pendapat ulama-ulama dari teks-teks hadis nabi telah memberikan kemudahan bagi umat Islam, baik yang ingin memakai minyak wangi atau tidak. 

“Jadi perbedaan antar ulama itu maksudnya biar kita tidak khilaf di masyarakat. Bukan malah sebaliknya. Justru kita seolah olah menjadi yang paling hebat lalu menjadikan orang yang berbeda dengan kita menjadi jelek. Sementara khilaf di antara ulama dihadirkan agar kita nyantai, tidak saling merendahkan,” pungkas Buya Yahya.

Kesimpulannya, ulama berbeda pendapat terkait hukum memakai minyak wangi saat puasa. Banyak ulama yang memakruhkan, namun ada juga ulama yang berpendapat tetap sunnah memakai parfum saat puasa, termasuk di hari Jumat. Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.