Sukses

InJourney Gelar Mudik Gratis BUMN Rute Jakarta-Jogja, Cek di Sini Cara Daftarnya

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kementerian BUMN berkolaborasi bersama seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan program mudik gratis

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kementerian BUMN berkolaborasi bersama seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan program mudik gratis bagi masyarakat. Salah satu BUMN yang turut serta dalam program ini adalah PT Hotel Indonesia Natour (HIN), member InJourney Group.

Partisipasi HIN dalam kegiatan Mudik Gratis bertema Mudik Asyik Bersama BUMN ini sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk dapat memberikan kemudahan akses dan manfaat kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik tahunan. Mudik yang berasal dari singkatan bahasa Jawa ngoko 'mulih dhisik' yang artinya adalah 'pulang dulu' diartikan sebagai kegiatan perantau kembali ke kampung halamannya.

Program Mudik Asyik Bersama BUMN ini merupakan bentuk implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN dalam rangka mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan standar keamanan dan keselamatan pemudik, memberikan pengalaman mudik menyenangkan bagi masyarakat.

Kuota Peserta

Program ini terbuka untuk seluruh masyarakat, dengan total kuota 40 peserta dengan 1 armada bus dimana keberangkatan akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024 dengan rute Jakarta menuju Yogyakarta.

“Kami senang bisa turut berkolaborasi dengan BUMN untuk menyelenggarakan Mudik Asyik Bersama BUMN Tahun 2024. Kegiatan ini salah satu upaya HIN dalam memberikan kontribusi sosial yang berarti bagi masyarakat. Kami memahami bahwa mudik merupakan bagian penting dari momen perayaan Hari Raya Idul Fitri," kata Plt VP Corporate Secretary PT Hotel Indonesia Natour Adianta Apriadi, Minggu (17/3/2024).

Pendaftaran “Mudik Asyik bersama BUMN 2024” dilakukan secara online melalui link bit.ly/MudikGratisHIN2024 dengan menggugah beberapa dokumen meliputi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudik Gratis BUMN Diburu Warga

Menteri BUMN Erick Thohir kembali membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikut mudik gratis BUMN. Tercatat, sudah ada 14 ribu lebih kursi yang dipesan sejak dibukanya pendaftaran.

“Mudik Bersama BUMN telah menjadi agenda rutin BUMN, hal ini sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia," ungkap Erick dalam keterangannya, Selasa (5/3/2024).

Dia menambahkan BUMN sebagai benteng ekonomi nasional akan terus meningkatkan kinerja dan membuat program yang berpihak kepada masyarakat. Program ini juga menjadi komitmen Kementerian BUMN dan BUMN yang konsisten dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik.

Diketahui, pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 telah dibuka sejak 4 Maret 2024. Dalam satu hari pendaftaran, sudah ada lebih dari 14 ribu orang yang melakukan pemesanan dari kuota sebanyak 80.215 kursi.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono menyampaikan hal tersebut menjadi tanda antusiasme masyarakat yang tinggi. Dia berharap para pengguna sepeda motor bisa beralih dalam memanfaatkan mudik gratis ini.

"Kami monitor terus, hari ini saja kita melihat sudah 14.796 (yang daftar)," kata Rivan.

Masih Ada 65.419 KursiJika dihitung dengan kuota yang ditetapkan, masih tersisa sebanyak 65.419 kursi dari 3 moda transportasi yang disediakan. Yakni, bus, kereta api, dan kapal laut.

Pemerintah memprediksi ada lonjakan sebesar 22 persen pada periode mudik lebaran 2024, tahun ini. Hal ini direspons Kementerian BUMN dengan meningkatkan kuota mudik gratis kali ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini