Sukses

Bolehkah Wanita Haid Berwudhu Sebelum Tidur? Simak Penjelasannya

Berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu amalan untuk menjaga diri agar tetap dalam keadaan suci. Namun, bagaimana hukum wudhu bagi wanita yang sedang haid?

Liputan6.com, Jakarta - Syarat sah sholat antara lain adalah bersuci dari hadas kecil atau berwudhu. Selain itu, wudhu juga termasuk amalan sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam agar diri tetap dalam keadaan suci. 

Termasuk anjuran wudhu sebelum tidur sebagaimana yang termaktub dalam hadis Al-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW bersabda,

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk sholat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari, no. 247; Muslim, no. 2710).

Namun demikian, bagaimana hukumnya berwudhu sebelum tidur saat sedang haid bagi wanita, Sedangkan wudhu ditujukan untuk bersuci dari hadas kecil?

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hukum Wudhu bagi Wanita Haid

Dikutip dari laman bimbinganislam.com, bahwa wanita haid yang meniatkan wudhunya sebelum tidur agar mendapatkan kebaikan sebagaimana bagi kaum, maka diharapkan ia mendapatkan kebaikan berdasarkan hadis,

Dari Sahabat Abu Musa al-Asy’ari radhiallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ أَوْ سَافَرَ ، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيمًا صَحِيحًا

“Apabila seorang hamba mengalami sakit atau safar (sehingga tidak bisa beramal) maka tetap dicatat untuknya sebagaimana amal rutinnya ketika dia tidak safar dan dalam kondisi sehat.“ (HR. Bukhari, no. 2996, dan Ahmad, no. 19679).

Hanya saja ia tidak perlu berwudhu, karena haid itu sudah merupakan uzur syar’i baginya. Juga perlu diingat bahwa amalan yang ajeg dilakukan dan sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas (rajin untuk dijaga).

Lalu amalan ini ditinggalkan karena ada uzur, maka orang seperti ini dicatat mendapat pahala amalan tersebut secara sempurna.

3 dari 3 halaman

Haid Tidak Sama dengan Junub

Berbeda halnya dengan junub. Jika orang dalam keadaan junub dan belum langsung mandi, maka ia dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Misalnya, sehabis hubungan intim di malam hari, lantas belum sempat mandi, maka disunnahkan berwudhu sebelum tidur.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهْوَ جُنُبٌ ، غَسَلَ فَرْجَهُ ، وَتَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa jika dalam keadaan junub dan hendak tidur, beliau mencuci kemaluannya lalu berwudhu sebagaimana wudhu untuk sholat.” (HR. Bukhari, no. 288).

Alasannya karena wudhu itu dapat meringankan keadaan junubnya, berbeda dengan wanita haid (tidak berpengaruh) menurut salah pendapta terkuat.

Al-Hafizh Ibnu Hajar menukil perkataan Ibnu Daqiq Al-‘Ied, Imam Syafi’i menyatakan bahwa anjuran (berwudhu sebelum tidur) tidaklah berlaku pada wanita haid. Karena meskipun ia mandi, hadasnya tidak akan hilang (jika masih terus keluar darah).

Hal ini berbeda dengan orang junub. Namun jika darah haid berhenti, namun belum langsung mandi wajib, maka statusnya sama seperti orang junub. (lihat Fath Al-Bari, 1/395).

Wallahu Ta’ala A’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.