Sukses

Puncak Arus Balik di Terminal Lebak Bulus Diprediksi Minggu 21 April 2024

Arus balik yang melintasi Terminal Lebak Bulus di Jakarta Selatan masih sepi hingga H+4 Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik yang melintasi Terminal Lebak Bulus di Jakarta Selatan masih sepi hingga H+4 Lebaran 2024. Puncak arus balik diprediksi masih akan terjadi beberapa hari ke depan.

"Dari H+1 sampai H+4 penumpang yang turun hanya ada 1.003 orang," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Lebak Bulus Mochamad Iman Sapril di Jakarta, Senin 15 April 2024.

Di sisi lain, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Lebak Bulus mencapai 1.021 orang.

Dalam periode yang sama, terdapat 120 bus yang beroperasi di Terminal Lebak Bulus, dengan mayoritas bus yang beroperasi di sekitar Jawa Barat, seperti Cirebon, Kuningan, dan Sukabumi. Namun, penumpang yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera masih belum terlalu banyak bahkan cenderung sepi.

Mayoritas penumpang dan bus yang beroperasi di Terminal Lebak Bulus adalah untuk jarak dekat, dengan tujuan Jawa Barat, khususnya Kuningan dan Sukabumi.

Iman juga memprediksi bahwa puncak arus balik di Terminal Lebak Bulus akan terjadi pada Sabtu (20/4/2024) dan Minggu (21/4/2024).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, menyatakan bahwa penanganan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam rapat koordinasi yang dilakukan bersama pihak terkait, arus mudik dan arus balik hingga H+4 dinilai cukup baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keselamatan Pemudik

Muhadjir Effendi menekankan bahwa keselamatan pemudik menjadi hal yang terpenting dalam arus mudik dan arus balik tahun ini. Meskipun idealnya tidak ada kecelakaan, namun dibandingkan dengan tahun sebelumnya, capaian tahun ini lebih baik dengan penurunan jumlah kecelakaan dan santunan yang diberikan kepada korban.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.