Sukses

Jarang Disadari, Ini Tanda Kiamat yang Terjadi Berulang Kali Bahkan Terus Menerus

Tulisan ini akan membahas secara spesifik tentang tanda-tanda kiamat kecil (sughra) yang terjadi berulang kali bahkan terjadi secara terus menerus.

Liputan6.com, Cilacap - Kiamat terbagi atas dua, yaitu kiamat kecil (sughra) dan kiamat besar (kubra). Demikan pula dengan tanda-tandanya juga terbagi menjadi dua.

Tulisan ini akan membahas secara spesifik tentang tanda-tanda kiamat kecil (sughra) yang terjadi berulang kali bahkan terjadi secara terus menerus.

Menukil karya Muhammad Abduh Tuasikal yang berjudul Prediksi Akhir Zaman sebagaimana dinukil dari Republika, dijelaskan, tanda-tanda kiamat surga pernah terjadi dan bahkan ada yang terulang.

Misalnya, tanda kiamat sugra yang pernah terjadi dan telah berakhir adalah diutusnya Nabi Muhammad SAW dan terbelahnya bulan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda Kiamat Sughra yang Berulang Kali Terjadi

Adapun tanda kiamat sugra yang terus-menerus terjadi dan berulang contohnya adalah menyerahkan amanah kepada orang yang bukan ahlinya.

Lalu, muncul para pendusta yang mengaku sebagai Nabi, munculnya wanita-wanita yang berpakaian namun hakikatnya telanjang, serta merebaknya perzinahan.

Meski demikian, tanda-tanda kiamat sugra yang belum terjadi juga ada. Contohnya adalah tanah di Jazirah Arab menjadi subur dan penuh pengairan. Perlu dipahami bahwa hari kiamat dan hancurnya dunia adalah suatu hal yang pasti terjadi dan wajib dipercaya umat Islam.

3 dari 3 halaman

Harus Meyakini sebagai Tanda Kiamat

Keyakinan seperti ini sudah semestinya menjadi akidah bagi setiap Muslim, hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran Surah Ar-Ra’du ayat 2, “Yudabbiru al-amra yufasshilu al-aayati la’allakum bi-liqaai Rabbakum tuqinuna." Yang artinya, “Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuanmu dengan Rabbmu."

Untuk itu, menyongsong hari kiamat maka dimunculkanlah pesitiwa-peristiwa besar yang disebut dengan asyhrathus-saa’ah (tanda-tanda kiamat). Para ulama menjelaskan tanda-tanda itu dan dikelompokkan ke dalam kiamat sugra serta kubra yang setiap dari itu diperinci lagi menjadi beberapa bagian.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.