Sukses

19 Potret Awal Ramadhan 2024 dari Beragam Penjuru Dunia, Salah Satunya Indonesia

Umat Islam di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan dengan beribadah kepada Allah dan merayakan kebersamaan dengan sesama. Ini dia potret saat Ramadhan di berbagai belahan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Muslim di seluruh dunia merayakan Bulan Suci Ramadan dengan banyak cara, salah satunya dengan cara memaksimalkan ibadah wajib dan menambah ibadah-ibadah sunah lainnya, seperti beramal dan bersedekah.

Umat Islam yang berasal dari berbagai belahan dunia seperti Indonesia, Kashmir, Pakistan dan Turki biasanya berkumpul dan melakukan sholat di masjid-masjid dan di luar Times Square New York serta di Jalur Gaza.

Sementara itu, sejumlah relawan membagikan makanan kepada orang-orang yang berbuka puasa di Pakistan, Kuala Lumpur, dan Malaysia. Muslim juga bisa menyantap makanan untuk berbuka di dalam masjid.

<p>Seorang umat Muslim membaca Al-Quran, kitab paling suci umat Islam, selama bulan suci Ramadhan di masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki, Selasa, 12 Maret 2024. (AP Photo/Francisco Seco)</p>

Dilansir dari Associated Press, Rabu (13/3/2024), di Rafah, Gaza selatan warga Palestina membeli makanan untuk makan sebelum fajar atau sahur. Ramadhan tahun ini terjadi ketika Timur Tengah masih dilanda perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung di Gaza, oleh karena itu banyak orang di wilayah tersebut mengalami kelaparan.

Bahkan, walaupun makanan tersedia, yang ada hanya sedikit jumlahnya dan berupa makanan kaleng, harganya pun dapat dikatakan mahal.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender lunar atau kalender hijriyah Islam, tanda Ramadhan dimulai adalah apabila bulan sabit sudah terlihat.

Bagi sebagian besar dari 1,8 miliar umat Islam di dunia, puasa dimulai pada hari Senin, setelah adanya pengumuman dari para pemerintah di Arab Saudi, yang merupakan pusat bagi tempat-tempat paling suci dalam Islam.

Komunitas Muslim mungkin memulai Ramadhan pada hari yang berbeda, karena adanya pernyataan dari berbagai otoritas Islam di seluruh dunia mengenai apakah bulan sabit telah terlihat atau metodologi yang berbeda digunakan untuk menentukan awal bulan.

Berikut ini 19 potret nuansa awal Ramadan 2024, mulai dari persiapan sahur, buka puasa hingga beribadah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potret Umat Muslim Melakukan Ibadah Selama Bulan Ramadan

1. Barbar Mosque

Umat Islam melaksanakan salat khusus yang disebut 'Tarawih' di masjid Data Darbar pada awal bulan puasa Ramadhan, di Lahore, Pakistan, Senin, 11 Maret 2024. (AP Photo/K.M. Chaudary)

 

2. Masjid Istiqlal

Umat Islam Indonesia menghadiri salat magrib yang disebut 'tarawih' untuk menandai malam pertama bulan suci Ramadhan, di Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia, Senin, 11 Maret 2024. (AP Photo/Dita Alangkara)

 

3. Masjid Jame

Seorang Muslim Nepal mengaji di Masjid Jame pada hari pertama bulan suci Ramadhan di Kathmandu, Nepal, Selasa, 12 Maret 2024. (AP Photo/Niranjan Shrestha)

 

4. Masjid Suleymaniye 

Pesan lampu yang dipasang di antara menara masjid Suleymaniye bertuliskan dalam bahasa Turki “Ramadhan adalah bulan Al-Quran” menjelang bulan suci Ramadhan di Istanbul, Turki, Minggu, 10 Maret 2024. (AP Photo/Emrah Gurel)

 

4. Rafah, Gaza Strip 

Umat ​​Muslim melakukan “tarawih,” sebuah doa ekstra panjang yang diadakan selama bulan suci Ramadhan, di Rafah, Jalur Gaza, Minggu, 10 Maret 2024. (AP Photo/Fatima Shbair)

 

 5. Gaza

Seorang anak laki-laki Palestina bermain kembang api saat merayakan dimulainya bulan suci Ramadhan di samping bangunan tempat tinggal yang hancur akibat serangan udara Israel di Rafah, Jalur Gaza, Minggu, 10 Maret 2024. (AP Photo/Fatima Shbair)

3 dari 4 halaman

6. Kuala Lumpur

 

7. Gaza

Warga Palestina membeli makanan untuk sahur sebelum berpuasa selama bulan suci Ramadhan di Rafah, Jalur Gaza, Minggu, 10 Maret 2024. (AP Photo/Fatima Shbair)

 

 8. Jerman

Tanda “Selamat Ramadhan” menyala pada awal bulan suci Ramadhan, ketika umat Islam yang taat berpuasa dari fajar hingga senja, di zona pejalan kaki di Frankfurt, Jerman, Minggu, 10 Maret 2024. (AP Photo/ Michael Probst)

 

9. Pakistan

Relawan menata piring makanan untuk dibagikan kepada masyarakat saat berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan, di Lahore, Pakistan, Selasa, 12 Maret 2024. (AP Photo/K.M. Chaudary)

 

10. Masjid Memon, Pakistan

 

Volunteer membagikan piring makanan kepada orang-orang untuk berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan, di masjid Memon di Karachi, Pakistan, Selasa, 12 Maret 2024. (AP Photo/Fareed Khan)

 

11. Peshawar, Pakistan

Orang-orang menunggu berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan, di titik distribusi makanan gratis di Peshawar, Pakistan, Selasa, 12 Maret 2024. (AP Photo/Muhammad Sajjad)

 

12. Rawalpindi, Pakistan

Relawan membagikan makanan kepada masyarakat untuk berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan, di titik distribusi makanan gratis, di Rawalpindi, Pakistan, Selasa, 12 Maret 2024. (AP Photo/Anjum Naveed)

 

13. Masjid Istiqlal, Jakarta 

Seorang wanita Muslim membaca Alquran saat salat magrib yang disebut 'tarawih' menandai malam pertama bulan suci Ramadhan, di Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia, Senin, 11 Maret 2024. (AP Photo/Dita Alangkara)

4 dari 4 halaman

14. Srinagar, Kashmir

Umat ​​Muslim salat di dalam Masjid pada hari pertama Ramadhan, di Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, Selasa, 12 Maret 2024. Bulan suci Ramadhan, saat umat beriman berpuasa dari fajar hingga senja, dimulai saat matahari terbit pada hari Selasa di sebagian besar wilayah. Asia. (Foto AP/Mukhtar Khan)

 

15. Nwe Aye Mosque, Myanmar

Pria Muslim Myanmar mengikuti salat malam sebelum berbuka puasa pada hari pertama bulan suci Ramadhan di Masjid Nwe Aye di Yangon, Myanmar, Selasa, 12 Maret 2024. (AP Photo/Thein Zaw)

 

 16. New York’s Times Square

Umat ​​Muslim berkumpul untuk salat Tarawih selama bulan Ramadhan di Times Square New York, Minggu, 10 Maret 2024. (AP Photo/Yuki Iwamura)

 

17. Masjid Istiqlal

Umat Islam Indonesia menghadiri salat pada malam hari yang disebut 'tarawih' yang menandai malam pertama bulan suci Ramadhan, di Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia, Senin, 11 Maret 2024. (AP Photo/Dita Alangkara)

 

18. Beijing, China

Seorang Muslim membaca Al-Quran saat berpuasa pada hari pertama Ramadhan di Masjid Niujie di Beijing, China, Selasa, 12 Maret 2024. (AP Photo/Tatan Syuflana)

 

19. Masjid Istiqlal

Umat Islam Indonesia menghadiri salat magrib yang disebut 'tarawih' yang menandai malam pertama bulan suci Ramadhan, di Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia, Senin, 11 Maret 2024. (AP Photo/Dita Alangkara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.