Sukses

Top 3 Islami: Ancaman Sungai Eufrat Mengering 2040 Tanda Kiamat, 30 Ucapan Selamat Tahun Baru 2024 Islami

Ulasan mengenai ancaman mengeringnya sungai Eufrat pada 2040 menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (31/12/2023)

Liputan6.com, Jakarta - Kiamat adalah keniscayaan dan pasti terjadi. Bagi umat Islam, percaya terhadap hari kiamat juga menjadi rukun iman dan menjadi komponen penting akidah.

Pengetahuan kapan terjadinya kiamat hanya Allah SWT yang tahu. Namun, di sisi lain Allah juga telah memberikan petunjuk mengenai tanda-tanda kiamat.

Salah satu tanda kiamat yang disebut dalam hadis adalah mengeringnya Sungai Eufrat.

Ulasan mengenai ancaman mengeringnya sungai Eufrat pada 2040 menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (31/12/2023).

Artikel kedua yang juga menyita perhatian adalah 3 golongan yang wajahnya berseri di hari kiamat. Sementara, artikel ketiga mengenai ucapan selamat tahun baru 2024 yang islami.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sungai Eufrat Terancam Mengering Tahun 2040, Tanda Kiamat dalam Hadis Kian Nyata

Sungai Eufrat merupakan sungai terpanjang di Asia Barat Daya. Panjang sungai ini diperkirakan mencapai 1.370 mil atau setara 2.781 km yang membentang melintasi tiga negara, Turki, Suriah, dan Irak yang kemudian bermuara di Teluk Persia.

Eufrat menjadi sungai yang terpenting dalam sejarah. Sungai Eufrat bersama saudara kembarnya, sungai Tigris, menjadi sebab daerah di sepanjang tepiannya disebut Mesopotamia yang berarti negeri di antara dua sungai.

Meskipun dulunya merupakan tanah yang subur, sistem sungai Eufrat-Tigris sekarang mengering dengan kecepatan yang mengejutkan. Ini menjadi kabar buruk bagi lingkungan juga manusia.

Mengutip IFL Science, sebuah laporan pemerintah dari Kementerian Sumber Daya Air Irak pada 2021 memperingatkan bahwa sungai Eufrat-Tigris dapat mengering pada 2040 karena menurunnya permukaan air dan kekeringan yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Dalam khazanah Islam, mengeringnya sungai Eufrat merupakan salah satu tanda kiamat. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, kiamat tidak akan terjadi hingga sungai Eufrat mengering dan muncul gunung emas di dasarnya. Gunung emas ini kemudian diperebutkan oleh manusia.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. 3 Golongan yang Wajahnya Berseri di Hari Kiamat, Siapa Saja Mereka?

Terjadinya kiamat merupakan tanda berakhirnya kehidupan manusia di dunia dan dimulainya masa akhirat. Bumi beserta isinya akan hancur binasa, tanpa menyisakan satupun manusia. 

Hari kiamat disebut juga dengan istilah al-yaumul akhir. Dalam Al-Qur'an banyak dijelaskan tentang hari akhir dengan istilah berbeda-beda. 

Misalnya yaumul qiyamah (hari kebangkitan), al-akhirah (akhir; penghabisan), yaumud din (hari pembalasan), yaumul fashl (hari keputusan), dan sebagainya.

Kelak, setelah hari kiamat manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar dengan raut wajah yang berbeda, tergantung dengan amal ibadah masih-masing selama hidup di dunia.

Ada yang wajahnya nampak suram karena banyak berbuat dosa dan ada pula yang wajah berseri karena banyak berbuat kebaikan. Siapakah mereka? Berikut uraiannya mengutip dari laman dream.co.id.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. 30 Ucapan Selamat Tahun Baru 2024 Islami, Penuh Harapan dan Doa

Tak lama lagi kita akan memasuki tahun baru 2024. Marilah bersama-sama kita menyusuri perjalanan tahun baru ini dengan hati yang tulus dan penuh keimanan.

Momen pergantian tahun tidak hanya sekedar perayaan akhir dan awal, akan tetapi juga menjadi refleksi bagi diri dalam hal rohaniah dan meneguhkan tekad untuk menjalani lebih taat kepada-Nya. 

Ucapan selamat tahun baru dalam konteks Islami seyogyanya dapat membawa makna yang berkesan dan mendalam. Momen ini diharapkan juga menjadi waktu yang tepat untuk kembali menata niat dan menjalani hidup sejalan dengan ajaran agama Islam.

Melalui doa dan harapan yang diutarakan, mari kita berusaha untuk merangkul keberkahan dan kedamaian. Ucapan selamat tahun baru ini bukan hanya sebatas rangkaian kata, melainkan sebagai doa agar setiap langkah kita senantiasa dilimpahi kebaikan dan keikhlasan.

Berikut ini kumpulan ucapan selamat Tahun Baru 2024 Islami, dilansir dari berbagai sumber.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.