Sukses

Orang Miskin 40 Tahun Lebih Cepat Masuk Surga Dibandingkan Orang Kaya

Orang miskin bakal lebih cepat masuk surga, selisihnya 40 tahun dibanding orang kaya, bagaimana bisa terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diketahui, kelak pada hari kiamat manusia akan menjalani hisab. Semua perbuatannya telah dilakukan olehnya saat di dunia akan dihitung dengan akurat dan akan dipertanggungjawabkan.

Sebagaimana firman Allah SWT, “Maka demi Tuhanmu, Kami pasti akan menanyai mereka semua tentang apa yang telah mereka lakukan.”

Allah juga berfirman, “Maka Sesungguhnya Kami akan menanyai umat-umat yang telah diutus Rasul-rasul kepada mereka dan Sesungguhnya Kami akan menanyai (pula) Rasul-rasul (Kami).”

Setelah rangkaian penimbangan, perhitungan maka akan tiba pembalasan. Surga atau neraka. 

Disebutkan, orang miskin akan lebih cepat masuk surga, dibandingkan dengan orang kaya. Selisihnya 40 tahun lamanya.

Bagaimana bisa terjadi, simak penjelasan berikut ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Pertanyaan Saat Hisab

Mengutip Islampos.com, dalam Sunnan At-Tirmidzi diriwayatkan dari Abu Barzah Al-Aslami RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Kedua kaki seorang hamba tidak akan melangkah sebelum ditanya empat hal, Pertama, umurnya untuk apa dihabiskan.

Kedua, Ilmunya, apa yang ia lakukan dengan ilmu itu. Ketiga, Hartanya, dari mana ia peroleh dan dipakai untuk apa. Keempat, badannya, ia pakai untuk apa.”

Dalam Sunan At-Tirmidizi pula dari Abd’Allah ibn Masud bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Kedua kaki anak adam (manusia) tidak akan melangkah dari hadapan Allah pada hari kiamat sebelum ia ditanya lima hal. Umurnya, untuk apa ia habiskan. Masa mudanya, untuk apa ia habiskan. Hartanya, dari mana ia peroleh dan untuk apa ia gunakan, serta apa yang ia perbuat dengan ilmunya.

3 dari 3 halaman

Orang Miskin Lebih Cepat Masuk Surga, Ini Penjelasannya

Orang yang merenungkan hadis tersebut akan mengetahui rahasia atau hikmah seruan Rasulullah kepada kaum muslimin untuk tidak bergelimang harta. Makin banyak harta seorang hamba, makin banyak dan panjang hisabnya, makin sedikit harta maka makin sebentar dan ringan hisabnya sehingga makin cepat masuk surga.

Rasulullah SAW telah mengabarkan kepada kita bahwa kaum muhajirin yang miskin masuk surga 40 tahun lebih cepat dari pada orang kayanya.

Dalam Shahih Muslim diriwayatkan dari Abu ar-Rahman al-Hubli yang berkata: Tiga orang termasuk saya datang kepada Abd’Allah ibn Umar ibn Ash da berkata, “Wahai Abu Muhammad, kami demi Allah tidak mempunyai apa-apa tidak ada uang, tidak ada hewan, dan tidak ada barang.”

Ia lalu berkata, “Apa yang kalian mau? Kalian bisa datang lagi nanti dan akan saya berikan apa yang Allah mudahkan bagi kalian, atau saya akan menceritakan keadaan kalian pada Sultan, atau kalian bersabar.

Sesungguhnya saya mendengar Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya orang-orang fakir miskin dari kaum muhajirin pada hari kiamat masuk surga mendahului orang-orang kayanya dengan jeda empat puluh musim gugur.” (Shahih Muslim).

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.