Sukses

Masya Allah, Jenazah KH Maimoen Zubair Masih Utuh Saat Makam Ma'la Dibongkar

Jenazah KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen utuh meski telah meninggal 4 tahun silam. Kabar ini disampaikan oleh Gus Rifqil Muslim, pendakwah yang juga pengasuh pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikma, Kaliwungu, Kendal

Liputan6.com, Jakarta - Almaghfurlah KH Maimoen Zubair dikenal sebagai sosok yang alim. Meski berilmu tinggi, Mbah Moen sangat tawadhu, atau rendah hati.

Beliau bisa bercengkerama dengan masyarakat biasa dan awam, namun juga biasa berinteraksi dengan petinggi negeri. Mbah Maimoen dikenal sangat memuliakan tamu.

Mbah Maimoen juga dikenal memiliki berbagai karomah. Bahkan, hingga wafat-nya di Tanah Suci, banyak kisah keistimewaannya.

Terkini, ada kabar luar biasa. Jenazah Mbah Moen utuh meski telah meninggal 4 tahun silam.

Kabar ini disampaikan oleh Gus Rifqil Muslim, pendakwah yang juga pengasuh pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikma, Kaliwungu, Kendal, melalui twit di akunnya, @rifqilmoeslim.

"Setiap 4 tahun sekali, kuburan akan dibongkar dan jenazah akan dipindahkan. Alhamdulillah Beberapa hari yang lalu makam KH. Maimoen Zubair dibongkar, jenazah beliau masih utuh & tetap dimakamkan di Ma’la," cuitnya, dikutip Senin malam (24/7/2023).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mbah Maimoen Kembali Dimakamkan di Ma'la

Gus Rifqil mengaku mengonfirmasi kabar itu langsung ke salah satu petugas di Ma'la, Muhammad Ali. Muhammad Ali membenarkan bahwa jenazah KH Maimoen Zubair tetap utuh, meski sudah empat tahun dimakamkan.

Akhirnya, jenazah Mbah Maimoen tidak dipindahkan ke makam lain, dan kembali dimakamkan di Ma'la.

"Saya konfirmasi ke Muhammad Ali, Petugas Makam yang ikut membuka & melihat langsung mengatakan masih utuh

Alhamdulillah Beberapa hari yang lalu makam KH. Maimoen Zubair dibongkar, jenazah beliau masih utuh & tetap dimakamkan di Ma’la," tulisnya.

Gus Rifqil juga menjelaskan, tiap beberapa tahun sekali, makam di Makkah, Arab Saudi akan dibongkar.

"Berbeda halnya dengan di Indonesia yang tak pernah membongkarnya kecuali ada sesuatu hal yang menganjal di hati keluarga ditinggalkan. Selain itu, Kuburan di Makkah memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan kuburan yang ada di Indonesia," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.