Sukses

Niat Serta Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2023, Lengkap Jadwal Versi Muhammadiyah dan Pemerintah

Puasa Tarwiyah dan Arafah adalah amalan sunnah yang dikerjakan menjelang Hari Raya Idul Adha. Puasa Tarwiyah dilakukan pada 8 Dzulhijah, sedangkan puasa Arafah pada 9 Dzulhijah yang bertepatan dengan hari Arafah.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa Tarwiyah dan Arafah adalah amalan sunnah yang dikerjakan menjelang Hari Raya Idul Adha. Puasa Tarwiyah dilakukan pada 8 Dzulhijah, sedangkan puasa Arafah pada 9 Dzulhijah yang bertepatan dengan hari Arafah.

Bagi umat Islam yang hendak melaksanakan dua puasa sunnah tersebut penting mengetahui niat dan keutamaan puasa. Dengan mengetahui niat serta keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah semoga dapat memotivasi muslim menjalankan amalannya.

Niat puasa Tarwiyah dan Arafah dapat dilafalkan dalam hati serta diucapkan secara lisan. Waktu niat dimulai sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. 

Karena kedua puasa ini tergolong sunnah, maka jika lupa niat pada malam hari diperbolehkan melafalkannya di siang hari sebelum tergelincirnya matahari. Dengan catatan, belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Adapun niat puasa Tarwiyah dan Arafah adalah sebagai berikut.

Niat Puasa Tarwiyah (8 Dzulhijah)

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى   

Arab-latin: Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta’âlâ.”   

Niat Puasa Arafah (9 Dzulhijah)

 نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى   

Arab-latin: Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah ta’âlâ.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Sebagaimana ibadah pada umumnya, puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki keutamaan bagi yang menjalankannya. Disebutkan bahwa kedua puasa ini dapat menghapus dosa-dosa kecil.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ   

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim). 

Dalam hadis lain disebutkan sebagai berikut.

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين   

Artinya: “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun.” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Mengutip NU Online, mayoritas ulama menyebut dosa-dosa yang dihapus adalah dosa kecil. (An-Nawawi, Syarah Muslim, juz 3, h. 113).

3 dari 3 halaman

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah

Awal Dzulhijah 1444 H antara Muhammadiyah dan pemerintah berbeda. Dengan metode hisab, Muhammadiyah menetapkan tanggal 1 Dzulhijah 1444 H bertepatan pada Senin, 19 Juni 2023. 

Sementara, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengumumkan 1 Dzulhijah 1444 H jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023.

Merujuk pada penetapan awal Dzulhijah tersebut, berikut adalah jadwal puasa Tarwiyah dan Arafah versi Muhammadiyah dan pemerintah.

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah Muhammadiyah

  • Puasa Tarwiyah: 8 Dzulhijah 1444 H/Senin, 26 Juni 2023
  • Puasa Arafah: 9 Dzulhijah 1444 H/Selasa, 27 Juni 2023

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah Pemerintah

  • Puasa Tarwiyah: 8 Dzulhijah 1444 H/Selasa, 27 Juni 2023
  • Puasa Arafah: 9 Dzulhijah 1444 H/Rabu, 28 Juni 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.