Sukses

Keutamaan Membaca Surah Az-Zukhruf, Dipermudah Urusan Hidup hingga Terlindung dari Himpitan Kubur

Pokok kandungan dan keutamaan membaca surah Az-Zukhruf

Liputan6.com, Jakarta - Surah Az-Zukhruf merupakan salah satu surah yang termasuk dalam golongan surah Makkiyah. Az-Zukhruf bermakna “perhiasan”.

Surah ini terdiri atas 89 ayat dan turun setelah Surah Asy-Syura. Dinamakan Az-Zukhruf karena merujuk pada lafaz az-zukhruf yang terdapat pada ayat ke-35 dari surah ini.

Dalam surah Az-Zukhruf dijelaskan bahwa orang-orang musyrik mengukur tinggi rendahnya derajat seseorang tergantung pada perhiasan dan harta benda yang ia punyai. Sehingga mereka menganggap bahwa Nabi Muhammad SAW tidak pantas diangkat Allah sebagai seorang rasul dan nabi sebab beliau adalah seorang anak yatim lagi miskin.

Islam sendiri mengajarkan kita  agar tidak selalu  mengukur tinggi rendahnya martabat seseorang berdasarkan harta yang dimiliki. Tidak lain karena semua itu hanyalah urusan duniawi semata.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pokok Kandungan Surah Az-Zukhruf

1. Menjelaskan bahwa Al-Qur’an berasal dari lauhul-mahfuz;

2. Menegaskan bahwa Nabi Isa adalah hamba Allah;

3. Menegaskan bahwa Tuhan tidak memiliki anak;

4. Menjelaskan perintah Tuhan kepada Nabi Muhammad SAW agar menjauhi orang-orang yang tidak beriman;

5. Menceritakan kisah Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, sebagai perbandingan bagi nabi dan sebagai penawar di saat dalam kesulitan.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surah Az-Zukhruf

1. Orang yang membacanya secara Istiqamah akan dilindungi dari himpitan kubur.

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barangsiapa yang senantiasa membaca (secara istiqomah) surah ha mim Az-Zukhruf, maka Allah akan menjaganya di dalam kubur dari (gigitan) binatang-binatang tanah, himpitan kubur, hingga ia berdiri di hadapan Allah azza wa jalla, maka surah itu datang kepadanya dan membawanya masuk ke dalam surga atas perintah Allah tabarakallahu ta’ala.” (Tsawabul A’mal: 143)

2. Doa memohon perlindungan untuk orang yang sedang hamil dan dimudahkan dalam proses kelahirannya

Di dalam kitab Al-Mishbah disebutkan bahwa barangsiapa yang meminumkan (air yang dibacakan Surah Az-Zukhruf) kepada seorang istri yang durhaka, maka ia akan menjadi patuh. Airnya bermanfaat menjaga janin yang berada di perut dan memudahkannya keluar, kehamilannya aman dari segala keburukan. Jika tulisan surah ini diletakkan di bawah kepala orang yang tidur, maka ia tidak akan bermimpi kecuali yang baik.  

3. Doa agar memperoleh kesabaran ketika tertimpa musibah

Adapun caranya yaitu dengan membaca Surah Az-Zukhruf ayat 68-73 secara istiqomah. Berikut bacaannya:

يٰعِبَادِ لَاخَوْفٌ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَ وَلَآ اَنْتُمْ تَحْزَنُوْنَۚ

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاٰيٰتِنَا وَكَانُوْا مُسْلِمِيْنَۚ

اُدْخُلُوا الْجَنَّةَ اَنْتُمْ وَاَزْوَاجُكُمْ تُحْبَرُوْنَ

يُطَافُ عَلَيْهِمْ بِصِحَافٍ مِّنْ ذَهَبٍ وَّاَكْوَابٍ ۚوَفِيْهَا مَا تَشْتَهِيْهِ الْاَنْفُسُ وَتَلَذُّ الْاَعْيُنُ ۚوَاَنْتُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَۚ

وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِيْٓ اُوْرِثْتُمُوْهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

لَكُمْ فِيْهَا فَاكِهَةٌ كَثِيْرَةٌ مِّنْهَا تَأْكُلُوْنَ

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.